Download Ringkasan Pembahasan Kisi-Kisi UKG SD Mata Pelajaran Bahasa Indonesia

Kumpulan Pembahasan Kisi-Kisi UKG untuk Guru SD dalam konsep materi esensial yang kami sajikan pada mata pelajaran Bahasa Indonesia. pada kelas Tinggi Dan Rendah.

Pengetahuan kosakata mempunyai hubungan dengan kemampuan kebahasan secara umum. Anak yang menguasai banyak kosa lebih mudah  memahami wacana dengan baik. Selama priode usia SD, anak menjadi semakin baik dalam menemukan makna kata berdasarkan konteksnya. Anak usia 5 tahun mendefinisikan  kata secara sempit sedang anak berumur 11 tahun membentuk definisi dengan menggabungkan makna- makna yang telah diketahuinya. Dengan demikian,  definisinya menjadi lebih luas, misalnya kucing ialah binatang yang biasa dipelihara di rumah-rumah penduduk.

Menurut Budiasih dan Zuchdi (1997), anak usia SD sudah mampu mengembangkan bahasa figuratif yang memungkinkan penggunaan bahasa secara kreatif. Bahasa figuratif menggunakan kata secara imajinatif, tidak secara literal atau makna sebenarnya untuk menciptakan kesan emosional. Yang termasuk bahasa figuratif adalah (a) ungkapan misalnya  kepala dingin, (b) metafora, misalnya “Suaranya membelah bumi ”., (c) kiasan, misalnya“Wajahnya seperti bulan purnama.”, (d) pribahasa, misalnya “Menepuk air di dulang, terpecik muka sendiri.”
Download Ringkasan Pembahasan Kisi-Kisi UKG SD Mata Pelajaran Bahasa Indonesia

DOWNLOAD RINGKASAN PEMBAHASAN KISI-KISI  UKG SD MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA


No comments

Note: Only a member of this blog may post a comment.