Download Bedah Kisi-Kisi UKG Bagi Guru Sekolah Dasar

Bedah Kisi-Kisi UKG SD atau Pembahasan Kisi-Kisi UKG Bagi Guru Kelas Sekolah Dasar kami sajikan, Bedah atau pembahasan kisi-kisi UKG ini kami teruskan dan salah satu guru senior Kang Martho yang sudah malang melintang namanya di dunia maya.

Bedah kisi-kisi UKG SD ini meliputi materi Pedagogik dan Profesional layaknya materi  UKG karena memang berdasarkan kisi-kisi Uji Kompetensi Guru yang ada, berikut kami tampilkan sedikit contohnya.

Download Bedah Kisi-Kisi UKG Bagi Guru Sekolah Dasar
KD 1.2.3 Perencanaan dan Pelaksanaan evaluasi pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia tahap mengumpulkan informasi tentang keadaan objek evaluasi (siswa) dengan menggunakan teknik tes atau nontes disebut tahapan ...
a.Tahap Tindak Lanjut
b.Tahap Persiapan
c.Tahap Pelaksanaan
d.Tahap Pengolahan Hasil

Uraian:
Berikut ini penjelasan singkat tentang keempat tahap evaluasi pembelajaran tersebut.
(1) Tahap Persiapan
Menurut Damaianti (2007: 8) tahap ini disebut juga tahap perencanaan dan perumusan kriterium. Langkahnya meliputi:
(a) perumusan tujuan evaluasi;
(b) penetapan aspek-aspek yang akan dievaluasi;
(c) menetapkan metode dan bentuk evaluasi (tes/nontes);
(d) merencanakan waktu evaluasi;
(e) melakukan uji coba (untuk tes) agar dapat mengukur validitas dan reliabilitasnya.
Untuk evaluasi yang menggunakan tes, hasil dari tahap ini adalah kisi-kisi soal dan seperangkat alat tes: soal, lembar jawaban (untuk tes tulis), kunci jawaban, dan pedoman penilaian.

2) Tahap Pelaksanaan
Tahap pelaksanaan atau disebut juga dengan tahap pengukuran dan pengumpulan data adalah tahap untuk mengumpulkan informasi tentang keadaan objek evaluasi (siswa) dengan menggunakan teknik tes atau nontes. Bila menggunakan teknik tes, soal yang igunakan sebaiknya sudah teruji validitas dan reliabilitasnya. Tes yang digunakan dapat berbentuk tes tulis, lisan, atau praktik.

3) Tahap Pengolahan Hasil
Tahap pengolahan hasil adalah tahap pemeriksaan hasil evaluasi dengan memberikan skor. Skor yang diperoleh siswa selanjutnya diubah menjadi nilai. Pada tes tulis pemeriksaan hasil dilakukan setelah tes selesai, sedangkan pada tes lisan dan praktik, pemberian nilai dilakukan bersamaan dengan waktu pelasanaan tes tersebut.

4) Tahap Tindak Lanjut
Tahap tindak lanjut atau disebut juga tahap penafsiran adalah tahap untuk mengambil keputusan berdasarkan nilai yang dihasilkan pada tahap pengolahan hasil, misalnya:
a. memperbaiki proses belajar mengajar
b. memperbaiki kesulitan belajar siswa
c. memperbaiki alat evaluasi
d. membuat laporan evaluasi (rapor).

Ada begitu banyak item KD/Kompetensi Dasar yang dibahas, jika bapak/ibu mau belajar silahkan unduh pada link dibawah ini.

DOWNLOAD PEMBAHASAN KISI-KISI UJI KOMPETENSI GURU SD
No comments

Note: Only a member of this blog may post a comment.