Guru Garis Depan Diluncurkan Kemdikbud

Program guru garis depan merupakan salah satu dari Nawacita Presiden Jokowi untuk mencerdaskan kehidupan bangsa, Guru garis depan yang dimaksud adalah guru-guru yang ditempatkan pada wilayah 3T, Terdepan, terluar dan terpencil, hal ini akan dijadikan suatu pelatihan khusus namun program guru garis depan ini hanya bagi Guru yang diperuntukkan pada berita yang kami lansir dari laman tempo

Menteri Kebudayaan dan Pendidikan Dasar dan Menengah Anies Baswedan akan meluncurkan program Guru Garis Depan. Ini merupakan program pengiriman guru ke daerah terpencil yang masih kekurangan tenaga pendidik.

"Ini bagian dari program Nawacita Presiden Jokowi, yaitu untuk mencerdaskan bangsa," kata Anies seusai menghadiri diskusi bersama sejumlah media dan tokoh pendidikan di Makassar, Sabtu, 16 Mei 2015.

Menurut Anies, para guru yang akan dikirim adalah mereka telah mengikuti tes CPNS pada Desember lalu dan kini berstatus PNS. Mereka harus mengikuti pelatihan. "Program ini akan terus berjalan sampai kebutuhan guru di daerah-daerah terpencil tercukupi."

Direktur Pembinaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Pendidikan Dasar Sumarna Surapranata menyatakan, pekan depan, Presiden Joko Widodo akan melepas program Guru Garis Depan di empat provinsi, yakni Papua, Papua Barat, Aceh, dan Nusa Tenggara Barat. "Ada 800 guru SD yang akan dikirim ke 38 kabupaten di empat provinsi tersebut," ujarnya.

Sumarna menambahkan, tidak ada target berapa guru yang akan masuk dalam program ini, yang penting semua terpenuhi. "Kami sedang menunggu data dari setiap provinsi terkait kebutuhan guru di daerah, terutama yang aksesnya jauh," tuturnya.
No comments

Note: Only a member of this blog may post a comment.