Rapor Mutu Pendidikan Di Tiap Kabupaten Kota Oleh Kemdikbud

Raport mutu Pendidikan untuk Kabupaten/Kota jadi wacana khusus yang bakal diusulkan Dirjen Dikdas, hal ini jadi usulan yang sangat baik karena selama ini sejauh mana mutu peningkatan pendidikan di tiap daerah belum jelas parameternya dari hasil penilian Kementrian Pendidikan Kebudayaan.

Seperti yang dikutip pada laman dikdas.kemdikbud
Sebagai institusi yang diserahi tanggung jawab untuk meningkatkan mutu pendidikan, Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan (LPMP) diharapkan dapat menampilkan profil mutu sekolah. Profil tersebut menjelaskan bagaimana kualitas pendidikan di suatu daerah terkait guru, siswa, dan proses pembelajaran.

“Jika bisa mengeluarkan profil mutu sekolah, pasti LPMP akan disegani oleh Dinas Pendidikan Provinsi dan Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota,” kata Didik Suhardi, Direktur Pembinaan Sekolah Menengah Pertama, Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar, saat diskusi dalam acara Penyelerasan Fungsi LPMP di Gedung D lantai 3 Kompleks Kemendikbud, Senayan, Jakarta, Kamis, 16 April 2015.

Menurut Didik, pemetaan mutu pendidikan yang dilakukan LPMP menjelaskan posisi kualitas pendidikan di suatu daerah. Hal ini akan menjadi peringatan bagi Pemerintah Provinsi dan Pemerintah Kabupaten/Kota agar meningkatkan pembangunan pendidikan. “Lalu dari sini kita perbaiki pelan-pelan,” tegasnya.

Sedangkan Hamid Muhammad, Direktur Jenderal Pendidikan Dasar yang juga Pelaksana Tugas Sekretaris Jenderal Kemendikbud, dalam penutupan acara, mengungkapkan, LPMP memiliki tugas mengoordinasikan semua kebijakan terkait mutu pendidikan di lapangan. Ia pun mendorong agar LPMP menjadi tangan kanan Kemendikbud di tingkat provinsi.

Ia berharap LPMP melakukan pemetaan mutu pendidikan di kabupaten/kota. “Saya sudah mengusulkan ke Pak Menteri, akan ada rapor mutu pendidikan di tiap kabupaten/kota,” ungkapnya.
No comments

Note: Only a member of this blog may post a comment.