Profesi Guru Sejajar Dengan Dokter Sangat Berkelas Di Negeri Ini

Profesi Guru di Negeri ini sangat istimewa hal tersebut bertolak belakang dengan keadaan kita, namun untuk menjadi seorang guru di negara ini tidaklah mudah, dengan strata sosial yang cukup tinggi profesi seorang guru disana sangat diidamkan,

Profesi guru atau pengajar menjadi profesi berkelas tinggi di Finlandia. Demikian disampaikan Duta Besar Finlandia untuk Indonesia, Kai Sauer di sela-sela seminar pendidikan internasional yang digelar Universitas Tampere, Finlandia,  di Jakarta.
 

Sauer yang ditemui Sindonews, menjelaskan bahwa, profesi guru di negaranya merupakan suatu kebanggaan. Profesi guru bahkan disejajarkan dengan profesi pengacara dan dokter.

"Menjadi seorang guru di Finlandia adalah suatu kehormatan dan memiliki strata sosial yang tinggi di masyarakat. Untuk menjadi pengajar di sana tidak mudah, bisa dikatakan hanya satu dari 10 orang yang bisa lolos dari ujian penerimaan menjadi tenaga pengajar di sana,” kata Sauer.

Kondisi itu sangat bertolak belakang dengan apa yang terjadi di Indonesia. Di mana profesi guru masih dianggap profesi biasa dan cenderung tidak disukai para generasi muda.

Meski enggan menyebut nominal, menurut Sauer, gaji seorang guru di Finlandia lebih besar dibandingkan dengan gaji standar soerang pekerja biasa. Selain itu, sistem pendidikan di Finlandia juga jauh berbeda dengan di Indonesia, di mana siswa di sana tidak terbebani oleh buku teks dan pekerjaan rumah.

Seminar tersebut merupakan rangkaian dari proses kerjasama pendidikan antara Indonesia dan Finladia, yang rencananya akan disahkan Oktober mendatang. Yakni, saat Menteri Pendidikan Finlandia mengunjungi Jakarta.
No comments

Note: Only a member of this blog may post a comment.