Portal E-Learning Rumah Banjar Di Gemari Para Guru

Portal E-Learning Rumah Banjar Di Gemari Para Guru
e-Learning adalah semua bentuk kegiatan belajar mengajar yang menggunakan perangkat elektronik.
Metode aktif mandiri, juga kelas maya Menggunakan media pembelajaran elektronik seperti layaknya rumah belajar milik kemdikbud.
Dapat dilakukan kapan dan dimanapun Memberikan nilai tambah di bidang TIK
Kualitas belajar mengajar yang merata Mudah dalam memanajemen alat dan bahan ajar Biaya fasilitas relatif murah.

Berbeda dengan pola biasa (tradisional) Alat dan bahan ajar mudah aus. Biaya fasilitas ajar yang tidak sedikit, terikat Ruang dan Waktu di Kelas.

Meski E-Learning Portal Rumah Banjar ini Memerlukan pemahaman di bidang TIK
serta dukungan dari beberapa pihak yang tak bisa kita kesampingkan dalam hal pemahaman para guru dan semangat para pendidik kita untuk melek IT sebagai salah satu kewajiban yang tertuang dalam PP 74 Tahun 2008 tentang guru, kiranya bukan suatu halangan bagi guru untuk mempelajari dan mencobanya.

Portal E-Learning Rumah Banjar Di Gemari Para Guru
Saat Belajar Media Pembelajaran

Sebelumnya kita kembali mengingatkan tentang Portal E-learning : adalah piranti lunak berbasis web yang mengakomodasi Kegiatan Belajar-Mengajar menjadi bentuk elektronik.

Ciri Portal E-learning :
Menampilkan konten media yang interaktif
Menyediakan fitur laporan
Adanya fitur berkomunikasi online
Memungkinkan tatap muka layaknya kelas
Mudah digunakan, dan tutorial terintegrasi.

Meski pada tahap awal bagi guru hal ini terasa baru karena selama ini masih tak beranjak pada pola tradisional, melihat dan mencoba kemudahan dan kenyamanan Portal E-learning Rumah Banjar membuat para pendidik sangat penasaran dengan semangat yang membara meski kadang dalam belajar sendiri para narasumber harus menjelaskan berulang dan wajib untuk bersabar tidak menjadi masalah bagi narasumber sendiri, hal ini dikarenakan antusiasme yang sangat tinggi seakan menjadi stimulus tersendiri bagi narasumber.

"Portal Rumah Banjar ini praktis saya kira kemaren kita harus mengaksesnya secara online saja"
ucap Budy Irawan kepada kkgjaro (Haruai 23/04)
Lanjutnya lagi.  Terus terang awalnya saya hanya diminta untuk menyampaikan materi apa yang saya dapat sewaktu pelatihan yang diselenggarakan BTIKP Provinsi Kalsel selama 3 hari yang lalu,

"Dengan ilmu yang saya dapat, Portal E-learning Rumah Banjar yang saya sampaikan, awalnya memang sempat pesimis dari peserta kkg sendiri, anggapannya mana mungkin karena daerah mereka minim akses sinyal dari provider jauh-jauh untuk bicara akses internet" ungkap Budy.

Lebih lanjut salah satu Guru di Kecamatan Haruai ini menambahkan, jujur saja awalnya dia pun tak mengerti bahwa pembelajaran berbasis TIK juga bisa dilakukan walau tanpa terkoneksi internet.

"Ya pada awalnya sebelum dijelaskan narasumber BTIKP Provinsi Kalsel, tentang internet dan intranet, baru saya sadari pembelajaran berbasis TIK tidak mesti harus dari internet, dan intranet, portal e-learning rumah banjar yang tersedia versi offline ini merupakan salah satu solusi yang tepat buat daerah kami, juga untuk portal rumah banjar ini sudah diminta 9 kepala sekolah untuk mengajarkan kepada mereka secara khusus agar bisa diterapkan lebih komprehensif lagi disekolahnya minggu depan dan untuk hari ini tim kkgjaro bisa lihat sendiri bagaimana antusiasme peserta" tandas nya
Portal E-Learning Rumah Banjar Di Gemari Para Guru
Semangat meski bukan pada jaman mudanya akan kehadiran Portal E-Learning Rumah Banjar

Dikonfimasi ditempat terpisah Kepala UPT,IP Kecamatan Haruai Rakhman Riadi Ikhsan,M.Pd.
beliau mengungkapkan, bahwa beliau sempat hadir pada kegiatan tersebut dan melihat ada semangat yang berbeda dari para peserta nya dan ini sangat kami dukung. ucapnya !

"Saya mengikuti kegiatan e-learning portal rumah banjar tersebut yang pada saat itu pula ada materi media pembelajaran berbasis TIK, bukan unsur kebetulan namun ini kegiatan rutin saya untuk melihat aktifitas para guru diwilayah saya, dan kami sepakati untuk seluruh wilayah saya baik dari KKG atau KKKS akan juga dilaksanakan hal yang sama, ini sangat baik jangan kita sia-sia kan untuk kemajuan pendidikan" Ujar Pria yang pernah menjabat pengawas Diklamen Dinas Pendidikan Kabupaten Tabalong.

Portal E-Learning Rumah Banjar pun bisa diakses secara online jika kawan-kawan ingin mengetahui apa itu rumah banjar yang sering disebut-sebut yang juga merupakan salah satu kelas maya ternama bisa diakses pada link dibawah ini.
Rumah Banjar BTIKP Provinsi Kal-Sel 



No comments

Note: Only a member of this blog may post a comment.