Gagal Paham UN Berbasis Komputer Bukan Online

Selama ini banyak yang jadinya gagal paham dengan istilah Ujian Nasional yang dikatakan secara online tentu saja menyeruak bagaimana dengan fasilitas internet yang tersedia.
Seperti yang ditegaskan Mendikbud bahwa UN yang akan dihadapi ini tak ada hubungan koneksi internet UN CBT atau UN berbasis komputer ini pakai LAN bukan internet.

Setelah selesai oleh operator, server, di-upload ke Puspen (Pusat penerangan). UN ini kan tidak tersambung internet, jadi ini basis komputer, ini pakai LAN bukan internet. Jangan keliru," kata Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Anies Baswedan usai pertemuan di Istana Wapres, Jl Kebon Sirih, Jakpus, Rabu (8/4/2015). (detik.com)
" UN ini kan tidak tersambung internet, jadi ini basis komputer, ini pakai LAN bukan internet"

Gagal Paham UN Berbasis Komputer Bukan Online
Ia mengatakan, hanya 585 sekolah yang akan melaksanakan uji coba UN berbasis komputer ini. Murid sekolah yang akan melaksanaka uji coba UN berbasis komputer ini sudah berlatih selama seminggu agar terbiasa mengerjakan soal dengan komputer.

Ia menjamin bobot soalnya sama sehingga terhindar dari kecurangan pasca ujian.
"Jadi secara bobot itu sama," lanjut mantan Deputi Tim Transisi Presiden Joko Widodo (Jokowi) ini.
Setelah UN berlangsung, sistem ini akan kembali dievaluasi untuk dikembangkan. Menurut Anies, UN berbasis komputer lebih banyak positifnya daripada UN manual. Siswa Soal bisa lebih bervariasi namun bobotnya akan tetap sama.

"Anak-anak kerjakan berjejer tapi kan soalnya beda tapi bobot sama. Saat mereka (murid) datang juga ada mekanisme cek," pungkasnya.



No comments

Note: Only a member of this blog may post a comment.