Istimewanya Aplikasi Dapodik Kemdikbud, Mengapa Harus Ada Yang Lain

Data Pokok Pendidikan atau Dapodik adalah program nasional pemerintah didunia pendidikan diresmikan oleh Wapres Boediono pada tahun lalu memang menjadikan program ini satu-satunya menjadi acuan kemdikbud dalam data pendidikan sekolah beserta sarananya belum lagi komponen-Komponen yang terdapat dalam Dapodik antara lain, identitas guru, NIP, NRG, NUPTK, tanggal pengeluaran sertifikat, mata pelajaran yang diampu, dan lokasi mengajar.

Dapodik juga merupakan layanan satu pintu untuk acuan penyaluran Dana BOS,NISN,BSM, aneka tunjangan bagi PTK dsb. (Juknis Aneka Tunjangan Profesi, Akademik, Fungsional, Wilayah Khusus)
Tak ada yang harus diragukan dalam dapodik itu sendiri bagaiamana mekanisme satu kali input data dari sekolah namun data tersebut bisa menjadi acuan semua dari bagian-bagian kemdikbud hingga tak perlu input ulang bertubi-tubi dengan berbagai aplikasi.

Dan perlu diketahui tak ada pembekuan/penonaktifan NUPTK dan NRG dari Aplikasi ini
Baca Penonaktifan NUPTK dan NRG tak berlaku bagi Dapodik

Aplikasi dapodik ini sangat istimewa cara kerjanya, Lihat cara kerja Aplikasi Dapodik

Brainstorming bagaimana Dapodik bekerja : dikutip dari Halaman Info Pendataan Ditjen Dikdas. Tantangan yang dihadapi dalam proses penjaringan data modern adalah kondisi SDM maupun perangkat dilapangan yg masih minim. sistem pendataan diciptakan utk mencari solusi , Tapi tidak menutup mata kondisi infrastruktur yg ada.
Istimewanya Aplikasi Dapodik Kemdikbud, Mengapa Harus Ada Yang Lain

Sekolah sebagai client /Sumber data dapat dikategorikan menjadi 3 kelompok

1. Sekolah online (30%) sekolah tersebut memiliki kompter Dan jaringan internet, skolah kategori ini mampu melakukan aktivitas Pendataan secara full online, krna fasiltas Dan SDM mendukung tidak menjadi kendala jika harus terhubung internet kapanpun.

2. Sekolah offline (50%)Sekolah memiliki komputer namun tidak memiliki jaringan internet

3. Sekolah tanpa teknologi (20%)Sekolah tidak memiliki kompter apalagi terhubung jaringan internet. Dapodik telah menganalisis dalm studi awal nya Dan menghasilkan jawaban atas Tantangan tersebut.
Sekolah online : tidak masalah Sekolah offline:dalam sistem aplikasi Dapodik dapat bekerja SCR offline, kebutuhan internet hanya saat melakukan pengiriman data saja. sehingga meringankan beban Sekolah dalam Hal keterbatasan akses internet, Sekolah tanpa teknologi :

1 instance (instalasi) Aplikasi Dapodik dapat digunakan lebih Dari satu pengguna dengan akun sekolah yang berbeda. Hal ini untuk memfasilitasi jika sekolah tdk punya perangkat komputer, internet maupun SDM.
Dengan demikian sekolah tersebut dapat di bantu dengan menggunakan/meminjam komputer Dinas/Uptd/sklah lain. Dengan sistem cerdas sinkronisasi data 2 arah kendala diatas dapat diatasi.

Efektif , guru tidak perlu meninggalkan kelas
Efisien , 1x kerja bermacam manfaat.Hasil :dapodik mampu Menilai PTK yg eligable untuk mendapatkan Tunjangan profesi dan aneka tunjangan lainnya.  Dapodik mampu mendeteksi kekurangan dan kelebihan guru tingkat nasional/prov kabkota/Sekolah bahkan sampai individu guru yg dimaksud scra detail.Dapodik mampu mendistribusikan NISN s.d ke satuan pendidikan. Dapodik mampu memotret realita fakta yang ada menjadi sebuah binary data untuk kemudian dimanfaatkan dalam penyelesaian permasalahan seputar Dunia pendidikan.

Dan yang paling penting adalah data individu termasuk rahasia penguasaan data wajib oleh negara, tanpa ada unsur komersialisasi di didalamnya.

Kenaikan gaji berdasarkan perpres setiap tahun disamping kenaikan gaji berkala, kenaikan pangkat, dan inpassing. Selain itu, kata dia, data guru yang tidak valid yang disediakan oleh daerah juga mempengaruhi jumlah uang yang dibutuhkan.

Atas instruksi Mendikbud, guna mendapatkan data yang valid pengelolaan tunjangan profesi terutama guru SD dan SMP tidak lagi berdasarkan data yang disiapkan pemda, melainkan Dapodik. Adapun data yang dimasukkan berkaitan dengan satuan pendidikan, tenaga pendidik, dan siswa.“Dapodik menjadi satu-satunya alat untuk menentukan si A ini berhak atau tidak"
Lihat Juga PKG Jadi Syarat Tunjangan Sertifikasi

Dengan aplikasi yang istimewa ini pertanyaan dari sekolah mengapa mesti ada Padamu Negeri, kita sudah memiliki dapodik yang merupakan sumber data terpercaya yang mampu memotret realita fakta yang ada menjadi sebuah binary data untuk kemudian dimanfaatkan dalam penyelesaian permasalahan seputar Dunia pendidikan.

Salam Satu Data




No comments

Note: Only a member of this blog may post a comment.