Guru Ajukan Pensiun Dini Secara Massal, Ada Apa Gerangan?

Sekitar 300 Guru secara bersama mengajukan pensiun demi mengharap tunjangan di provinsi Jawa Timur. Sangat mengagetkan bagi rekan-rekan guru di tanah air tak tanggung-tanggung usul pensiun massal bisa terjadi hanya demi harapan tunjangan lebih besar yang didapat jika mereka pensiun. kira-kira untuk mengangkat guru kembali sejumlah ini tidaklah mudah bagi daerah namun sebaliknya jika usulan ini dikabulkan maka bersiap penerimaan CPNS akan lebih besar pada daerah ini,  hal tersebut menjadi tanggapan Menteri Anies seperti berita yang kami lansir dari JPPN.

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Anies Baswedan menyayangkan sikap 300-an guru PNS di Jawa Timur yang mengajukan pensiun dini rame-rame.Anies menjelaskan menjadi pendidik itu adalah panggilan hati dan harus dikerjakan dengan sepenuh jiwa.

Di sisi lain, Anies mengatakan menjadi guru jangan didasari  Niat untuk memanfaatkan kesempatan.’’Jadi guru jangan sekedar mengambil dana tunjangannya.
Setelah itu meninggalkan anak-anak didiknya. Jangan seperti itu,’’ tutur Anies usai membuka Kongres Pemuda di kantornya kemarin.Anies menjelaskan jika ratusan guru itu tiba-tiba mengajukan pensiun dini, apalagi didasarkan semangat sudah mengumpulkan banyak duit dari tunjangan guru, kasihan anak didiknya.
Guru Ajukan Pensiun Dini Secara Massal, Ada Apa Gerangan?

Mencari guru baru dengan jumlah sekian banyak, tentu tidak gampang.’’Jangan rusak dunia pendidikan. Jika niatnya ingin ekonomi (mencari uang, red) jangan jadi guru,’’ tandasnya.Mantan rektor Universitas Paramadina Jakarta itu mengatakan, jika usulan pensiun dini itu akhirnya dikabulkan tidak jadi contoh guru-guru di tempat lainnya.

Demisioner Kepala Badan Kepegawaian Negara (BKN) Eko Sutrisno menuturkan aturan pensiun dini memang ada. Yakni usianya berumur 50 tahun lebih dan masa kerjanya sudah 20 tahun.’’Ini aturan lama. Yang terbaru merujuk pada UU ASN (Aparatur Sipil Negara, red) masih dirancang PP-nya,’’ jelas pejabat yang memasuki masa pensiun itu.Dia mengaku masih ragu jika para PNS guru di Jatim itu pensiun dini setelah mendapatkan uang banyak dari tunjangan profesi guru.Logikanya para guru itu harusnya bekerja terus hingga pensiun, sehingga uang yang mereka kumpulkan semakin banyak. (wan)
No comments

Note: Only a member of this blog may post a comment.