SIM Rasio Cara Hitung Kebutuhan Guru Oleh Kemdikbud

Aplikasi ini dirancang terintegrasi dengan DAPODIK sehingga perubahan data pada dapodik akan merubah grafik pada SIM RASIO. Jika kab/kota melakukan pemindahan guru dan sekolah mengirimkan data perubahan tersebut melalui dapodik maka akan terlihat hasilnya pada Grafik.

Dinas Pendidikan dapat menggunakan aplikasi ini untuk melakukan perencanaan kebutuhan guru, baik untuk penentuan formasi CPNS Guru maupun untuk redistribusi guru antar sekolah. Hal ini penting dilakukan karena beban mengajar 24 jam/mgg sangat penting bagi guru untuk memperoleh Angka Kredit dalam rangka pembinaan karir dan penerbitan SK Tunjangan Profesinya (Pasal 15 Peraturan Pemerintah tahun 2008). Selain itu sesuai amanat Undang-Undang 23 tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah, Kemdikbud dapat melakukan pengendalian formasi pendidik sehingga dapat memastikan usulan formasi dari kab/kota ke Menpan selaras dengan perhitungan  Kebutuhan Guru oleh Kemdikbud melalui SIM Rasio.
SIM Rasio Cara Hitung Kebutuhan Guru Oleh Kemdikbud



Fitur-Fitur untuk penggunaan Aplikasi SIM Rasio.
1. Pilih Menu Jenis Analisis, 2. Doubel Klik akan Turun level dibawahnya, 3. Naik ke level diatasnya, 4. Pilih Mapel yg akan ditampilkan, 5. Ganti halaman, Refresh,6.  Membuka halaman yg pernah dipanggil, 7. Melihat Nama Guru,Cetak atau simpan ke excel. seperti tampilan berikut:
SIM Rasio Cara Hitung Kebutuhan Guru Oleh Kemdikbud
Klik satu/lebih bulatan legend untuk on/off grafik sesuai warna legend


Deskripsi Grafik :
Kab. Tulungagung Kelebihan Guru Matematika di SMP Negeri. Kelebihan tersebut terdiri dari guru Non PNS baik yg sudah S1 maupun yg belum S1 yg sebenarnya tidak diperlukan.

Catatan :
Pengangkatan Guru sebaiknya setelah dilakukan redistribusi guru dalam kabupaten/kota dan antar kab/kota

Keberadaan SIM Rasio ini juga menjadikan alat pemilihan subsidi tunjangan Fungsional, Memastikan tidak memberikan kuota Subsidi Tunjangan Fungsional di beberapa kabupaten/kota jika terdeteksi kelebihan guru, Hal ini karena jumlah guru PNS sudah berlebih sehingga guru bukan PNS tidak diperlukan.

Dan link untuk mengakses SIM RASIO silahkan klik pada perambah dibawah ini.





No comments

Note: Only a member of this blog may post a comment.