Jadwal Mingguan Pembelajaran Kelas Padamu Negeri Panduan Dan Tujuannya

Panduan atau cara input data jadwal mingguan kelas ini memang harus diakui ini hal baru bagi kita semua, namun sayangnya sangat mengagetkan ternyat ini adalah sesuatu yang wajib dilakukan agar update riwayat keaktifan PTK secara otomatis bisa berlangsung. Fiture baru namun memiliki fungsi dan langkah tak kalah dengan kegiatan pendataan lainnya, hingga si OPS tanpa sosialisasi akan kebingungan karenanya, entah apa yang diinginkan padamu negeri untuk mewajibkan pengaturan jadwal mingguan kelas di akun admin/operator sekolah, namun diantara penjelasan pihak padamu negeri kami kutip sebagai berikut:
Entri Jadwal Pembelajaran Kelas Mingguan. Fungsi dan tujuan dari fitur ini sbb:
1. Sebagai syarat utama proses keaktifan PTK secara kolektif, dimana dari isian jadwal ini sebagai dasar diterbitkannya surat ajuan keaktifan kolektif PTK oleh Kepala Sekolah (S25a) yang dirilis 23 Februari 2015 nanti. Bila Admin Dinas telah menyetujui (S25b) maka setiap PTK di sekolah tersebut diijinkan oleh sistem untuk cetak kartu digital masing-masing periode semester genap tahun ajaran 2014/2015. .  
Lihat Jadwal Rilis Fiture Padamu Negeri
2. Dari persetujuan Admin Dinas (S25b) maka sistem otomasi mencatatkan riwayat mengajar di portofolio para pendidik (guru) sesuai dengan jadwal mengajar di sekolah tersebut. Dengan demikian maka setiap Pendidik (guru) tidak perlu lagi mengisi riwayat mengajar di menu portofolio secara pengakuan manual baik untuk sekolah induk maupun non induk lokasi bertugasnya.
Akan ada lagi Verval NRG ini cara verval NRG nya
3. S25a dan S25b juga untuk membantu pelaporan kondisi data pengajaran Pendidik (Guru) di setiap sekolah ke pihak Dinas pada semester aktif yang lebih valid sesuai kondisi sebenarnya.
Berkenaan dengan hal tersebut, dalam proses isian jadwal dimaksud (terkait dengan S25a dan S25b), harap diperhatikan kelengkapan data-data pendukung sebagai berikut:
a. Data Siswa
Harap dilengkapi data individu siswa di setiap tingkat, data siswa ini juga harus didaftarkan di setiap rombel/kelas yang aktif, karena data siswa akan menjadi perhitungan otomatis sistem untuk melaporkan rasio guru:siswa dan rombel:siswa yang tercetak di S25a dan S25b.
b. Data Rombel/Kelas
Harap dilengkapi data rombel/kelas setiap tingkat, data rombel/kelas ini menjadi dasar entri jadwal pengajaran mingguan di setiap rombel/kelas dan otomasi perhitungan rasio rombel:siswa dan rasion guru:siswa yang tercetak di S25a dan S25b.
c. Data Kurikulum 
Padamu Negeri menyediakan master data kurikulum terpusat baik berbasis KTSP maupun K-13 berdasarkan standar kode mapel program sertifikasi guru periode 2015 (Sumber: Lampiran pada Buku 1 Pedoman Sertifikasi Guru 2015). Untuk itu pastikan melakukan sinkronisasi kurikulum sesuai panduan di sistem. Sekolah berhak menentukan penerapan kurikulum per tingkat yang berdampak terhadap daftar mapel yang disediakan oleh sistem saat melengkapi Jadwal Pembelajaran Mingguan di setiap Kelas/Rombel dalam satu tingkat.
d. Data Jadwal Pembelajaran Manual
Harap disiapkan Jadwal Pembelajaran Mingguan di setiap Rombel/Kelas yang berlaku dan telah ditetapkan oleh Kepala Sekolah sebelumnya sebagai dasar entri Jadwal Pembelajaran di Padamu Negeri. Padamu Negeri akan membantu proses validitas alokasi waktu mengajar para pendidik (guru) agar terjamin tidak terjadi bentrokan jadwal.

Lihat Panduan Berikut Cara Buat Jadwal Mingguan Kelas langkah baik dilakukan jika pada sebelumnya kita telah buat Rombongan Belajar/Kelas, Baca Cara Input Data Siswa dan Sinkronisasi Kurikulum karena panduan sebelumnya baca kami Sudah jabarkan di Pengaturan Jadwal Mengajar dan Kurikulum jika belum isikan data tersebut maka akan susah membuat jadwal mingguan, dan berikut sedikit panduan buat jadwal Mingguan Kelas.
1. Langkah Pertama, Lakukan Login pada akun/admin operator sekolah, ingat login nya dengan menggunakan email yang terdaftar jika belum maka tampilannya akan berbeda. jika belum tahun caranya ini cara tambah admin padamu negeri
Sudah masuk pilih jadwal dan kita mulai dengan mengklik:
Jadwal Mingguan Pembelajaran Kelas Padamu Negeri Panduan Dan Tujuannya
Bagian dari Pengaturan pilih Keloal Model Jadwal Kelas, setelah muncul klik saja tanda plus yang bertuliskan Buat Model Baru, saya akan kasih contoh buat jadwal pembelajaran Kelas 6. sebagai berikut:
Jadwal Mingguan Pembelajaran Kelas Padamu Negeri Panduan Dan Tujuannya
Itu hanya sekedar contoh jadwal dari saya, silahkan bapak/ibu sesuaikan jangan di protes kalau gak sama ya. jika salah katakanlah contoh yang salah namun cara mengerjakannya saja intinya kita disini. oke sudah jangan lupa simpan klik saja. dan lihat tampilan berikut:
Jadwal Mingguan Pembelajaran Kelas Padamu Negeri Panduan Dan Tujuannya

Saya bisa tentukan senin jam pertama upacara, dan ada jam istirahat itu saya hanya edit dengan klik dua kali pada tabelnya dan ganti pilihannya. oke sip ya.
Jika sudah klik Jadwal lagi sekarang kita kembali pada jadwal Kelas Pilih Jadwal Mingguan seperti gambar pertama diatas.
Lakukan Pilih Kelas, karena saya buat untuk Kelas 6 tadi maka saya akan pilih tingkat 6.
Jadwal Mingguan Pembelajaran Kelas Padamu Negeri Panduan Dan Tujuannya

Dan saya akan pilih tabel semester genap saja, karena ganjil sudah terlewati, klik icon gerigi pada atas samping dan pilih model jadwal pastikan bapak/ibu masih ingat memberi nama jadwal apa tadi, kalau saya jadwal pelajaran Kelas 6.
Jadwal Mingguan Pembelajaran Kelas Padamu Negeri Panduan Dan Tujuannya
Ceklis yang bapak ibu buat tadi maka akan muncul tampilan, lakukan saja tambah kegiatan pada tabelnya, dan pilih mapel serta gurunya jangan ketinggalan JJM nya...maka menghasilkan seperti ini:
Jadwal Mingguan Pembelajaran Kelas Padamu Negeri Panduan Dan Tujuannya

Jika selesai maka sip lah kelarlah jadwal kita untuk satu kelas dengan ini riwayat mengajar Guru akan otomatis pula terinput pada login ptknya..contohnya hasil saat login ptk nya pada Guru Kelas 6 tadi sebagai berikut
Jadwal Mingguan Pembelajaran Kelas Padamu Negeri Panduan Dan Tujuannya

Silahkan lakukan pada kelas lain, monggo, dan semoga bermanfaat..
Baca dan ingat klik batas akhir Padamu Negeri Semester 2 Tahun pelajaran 2014/2015

No comments

Note: Only a member of this blog may post a comment.