Bagkit Lagi, Inilah Konsep Baru Penerapan Kurikulum 2013

Pemerintah melalui Kementrian pendidikan dan kebudayaan saat ini memang menyetopkan sementara penerapan kurikulum 2013 pada beberapa sekolah yang masih baru satu semester pelaksanaannya untuk kembali ke KTSP 2006 mulai semester genap, namun kembali ini pun hanya bersifat sementara karena pada saat ini Menteri Anies dan jajarannya telah membahas konsep baru implementasi kurikulum 2013 untuk kedepan yang dijanjikan rampung akhir tahun ini.
Layout yang berbeda pada implementasi k13 yang akan datang akan tersaji salah satu bocorannya bahwa guru-guru akan magang pada sekolah yang menerapkan kurikulum 2013, hal ini senada berita yang kami lansir dari tempo, bahwa Mendikdasmen menjanjikan Konsep baru Kurikulum 2013 untuk rampung akhir tahun ini.
"Akhir Desember 2014, kami sudah punya jawaban persis layout-nya bagaimana," kata Anies seusai menyaksikan pergelaran orkestra nasional di gedung Concert Hall kampus Institut Seni Indonesia (ISI) Yogyakarta, Senin malam, 8 Desember 2014/tempo

Anies mengatakan Kemendikbud tidak akan terburu-buru memperluas penerapan Kurikulum 2013 ke semua sekolah. Kurikulum itu akan lebih dulu diuji penerapannya di 6.221 sekolah yang sudah menjalankannya selama tiga semester. Itu pun, sekolah bebas memilih, bersedia menjadi lokasi uji coba atau tidak.
Bagkit Lagi, Inilah Konsep Baru Penerapan Kurikulum 2013

Selama masa uji coba, Anies menambahkan, secara bertahap akan ada pelatihan bagi guru-guru di sekolah lain yang tidak melaksanakan Kurikulum 2013. Model pelatihannya, magang bersama pengajar di sekolah yang menjadi lokasi pengujian Kurikulum 2013.
Anies mengaku tidak sepakat dengan cara pemberlakuan Kurikulum 2013 di era Menteri Mohammad Nuh. Proses persiapan penerapan kurikulum ini tidak bisa asal selesai dalam target satu tahun. "Kalau begitu, hanya akan beres dalam statistik. Kondisi sebenarnya di lapangan bisa berbeda," kata dia.
baca Kronologi dan Fakta Penghentian Kurikulum 2013

Untuk saat ini sekolah-sekolah mesti bersiap untuk kembali ke Kurikulum tingkat satuan pendidikan atau KTSP pada semester genap nanti namun pada semester ganjil ini sekolah mesti menuntaskan kurikulum 2013 yang sudah diterapkan pada hasil akhir, baca Peraturan Model Buku Raport dan penilaian Kurikulum 2013
No comments

Note: Only a member of this blog may post a comment.