Cara Edit Data Siswa Pada Verval NISN

Pada verval PD edit data NISN kita ketahui ada berbagai cara yang harus dikenali kawan-kawan operator  guna di approve atau disetujui nya data ajuan edit data siswa kita yang salah untuk dilakukan pembenaran, dalam hal tersebut menu Edit Data NISN sangat kita perhatikan kriteria dan lampiran yang dijadikan syarat agar mendapat persetujuan dalam hal ini PDSP, walau pada posting sebelumnya kita telah sampaikan sedikit share tentang tanya jawab Verval NISN yang menyajikan seputar pertanyaan dan jawaban yang mungkin saja masalah yang sama dihadapi kawan-kawan bisa dilihat pada posting tersebut.

Kalau pada sebelumnya pada Cara Verval Residu Verval NISN kita telah bahas kali ini kita sedikit melangkah karena pada menu residu jika kita verval macth atau notmacth maka data akan beralih ke menu referensi sebagai data master NISN kita. kali ini kita beranjak pada Menu Konfirmasi terus teran bukan kembali membahas mengapa jumlah siswa tidak sesuai antara menu referensi dan menu konfirmasi yang berita tersebut bisa di baca disini
Pada kesempatan kali ini bagaimana kita mengenali cara edit dan kriteria atau syarat yang harus dilampirkan untuk melakukan pengeditan data pada menu referensi verval yang telah kita anggap akurat sebelumnya namun karena lain hal tiba-tiba terpaksa kita harus melakukan pengeditan data.
Baik selangkah demi selangkah kami akan sampaikan dari apa yang kami ketahui atas dasar sumber admin PDSP.

Pada Menu Edit ada ketika kita akan melakukan pengeditan pada salah satu data siswa misal nama salah, atau tanggal lahir salah, atau bahkan NISN nya, seperti biasa pada menu editnya kita pilih siswa yang akan kita perbaiki datanya...
Cara Edit Data Siswa Pada Verval NISN

Sebelum upload lampiran edit data yang harus diperhatikan untuk dijadikan syarat agar diterima adalah :
1). Field tidak boleh kosong
2). Format File lampiran, JPG, PNG
3). File tidak melebihi 800Kb
File yang diSyaratkan sebagai lampiran diantaranya :
1). Akta kelahiran
2). Surat Kenal Lahir
3). Kartu Keluarga
4). Ijazah (untuk PD SMP/SMA/SMK)
5). SKHUN
6). Atau berkas lain yang Sah menurut Hukum yang berlaku

ingat usahkan scan file yang asli atau legalisir dengan stempel basah/warna asli, bukan hasil fotocopy

Bagaimana cara edit data  NISN nama orang tua nya yang salah umpama atau misal kan 

Solusi untuk permasalahan Verval yang salah tulis: tempat lahir/ nama orang tua/ ibu kandung :
1. Data di macth/ not macth dulu dari residu biarkan masuk ke tabel Referensi
2. setelah itu lakukan sinkronisasi dapodik
3. Buka dapodik lakukan perbaiki data didapodik untuk nama ibu kandung atau tempat lahir
4. lakukan sinkron dan tunggu proses sync antara DAPODIK dengan VERVALPD.


Banyak juga pertanyaan tentang apakah data yang telah di konfirmasi bisa di edit lagi karena bisa terinsert ke Dapodik NISN (nisn.data.kemdiknas.go.id) dan ke aplikasi dapodik karena ternyata data siswa yang diperbaiki tidak muncul lagi di Tab atau menu Konfirmasi Data??
Cara Edit Data Siswa Pada Verval NISN


Berikut penjelasan dari Pak Taufik Lone PDSP :
Kalau Data NISN sudah masuk di Tab Referensi dan perbaikan di lakukan dengan Edit Data, maka meski data siswa itu tidak muncul lagi di Tab Konfirmasi Data perubahannya tetap akan terinsert ke Dapodik NISN dan aplikasi dapodiknya, hanya saja kita harus menunggu proses approve dari admin verval PDSP, dan proses sync antar server. Bila proses approve dan sync antar server sudah dilakukan, maka nantinya data dapodik dan nisn.data.kemdikbud.go.id akan terupdate secara otomatis sesuai perubahan/perbaikan data yang kita lakukan.

Semoga bermanfaat, bagi rekan yang belum pernah melakukan verval NISN  berikut baca dan Download Panduan Verval NISN
1 comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.