Dapodik Siapkan Aplikasi Data ke Provinsi

Dapodik siapkan aplikasi untuk Provinsi
Fungsi Dapodik intinya sebagai Sumber Data Statistik Pendidikan, Pemetaan Pendidikan antar daerah  dan Dasar pelaksanaan transaksi.
Backup Sinkron Dapodik (BSD) seperti semacam pintu darurat, sifatnya ya..darurat, mengingat semakin dekatnya batas waktu semester 1 ucap Yusuf Rokhmat, M.T., staf Sub Bagian Data dan Informasi Bagian Perencanaan dan Penganggaran, Sekretariat Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar saat Pertemuan TOT Dapodikdas di yang berlangsung di Bandung.


Lanjutnya lagi
Data yg disinkron valid, ketika BSD jadi tidak valid. Performance sync.semakin baik. Sebaiknya BSD+sinkron. BSD totaly ditutup 31 mei nanti. karena Data Dapodik sampai 31 mei tidak beres, SKTP tidak terbit. Pembayaran Tunangan Sertfikasi tidak cair. Diharap tidak ada skolah yg ketinggalan.

Kita ketahui Pembayaran Tunj.Profesi dibayarkan tiap semester, bukan tahunan seperti sebelumnya.
Dan direncanakan akan dibuat Aplikasi Distribusi Data ke Provinsi, jadi ada pelimpahan wewenang Dapodik dari pusat ke daerah, aplikasi ini sedang dikembangkan/diuji coba di Surabaya. ucap Yusuf.


1. Sync dapodik masih tetap bermasalah dalam beberapa waktu kedepan dikarenakan server yg digunakan sekarang merupakan server tahun 2012, sdangkan server 2013 mengalami kerusakan, solusi : sedang dalam proses tender server baru yang kapasitasnya lebih besar, diharapkan dalam waktu dekat sudah bisa digunakan (oleh : Bpk. Supriyatno-Ditjen Dikdas)
2. Ada beberapa tambahan fitur dapodik pada v.207 yang memudahkan OPS dalam pengerjaan data dapodik, (Oleh : Hasan - Pengembang)


3. Pemberian NISN Siswa secara otomatis akan di generet dalam waktu satu jam setelah data dapodik sync (v.207) dengan catatan data siswa tersebut di isi dengan lengkap dan benar. Hasil pemberian NISN dapat dilihat pada refdata pdsp (bisa juga melalui link download NISN pd web disdikacehbesar.org) Mohon maaf untuk madrasah blm tersedia dikarenakan NISN madrasah harus melalui proses Tim Kementerian Agama (Oleh : Bpk. Eru - PDSP)


4. PTK yang gagal cetak SK tunjangan pada bulan Maret masih berkesempatan memperbaiki data sampai Mei, apabila sampai bulan Mei tidak keluar SK maka tunjangan selama 6 bulan lenyap (Oleh : Bpk.Tagor-P2TK)


Demikian sedikit Info tentang Dapodikdas dari hasil TOT.
3 comments
Muhammad Syahrir

indahnya berbagi, terima kasih

Reply
Muhammad Syahrir

link ke email msyahrir853@gmail.com

Reply

Note: Only a member of this blog may post a comment.