Solusi Data Tidak Bisa di Edit Pada Dapodikdas 207

Pada Dapodikdas Versi 207, tentunya kita masih ingat ada info penting bagi para OPS terutama tak bisa di editnya data Nama dan Tanggal lahir PTK maupun peserta didiknya atau istilah lainnya PD.

Bisa dikatakan data Nama dan TTL pada versi 207 dikunci 
Ada kendala tekhnis yang tentunya bakal dihadapi para ops jika saja saat sebelum instal pacth maupun bundling instaler 207 kurang teliti atau tidak di benahi secara akurat data PD maupun PTK pada rincian data yang tak bisa diedit diatas.

Semestinya yang harus dilakukan sebelum melakukan instalasi, lakukan Backup data baik dari Dapodik Helper maupun dengan cara Manual terserah, benahi sebaik dan seakurat mungkin data-data yang bakal tak bisa di edit lagi pada versi 207.

Kadang sudah merasa yakin, berlomba untuk melakukan penginstalan, penasaran apa yang akan terjadi pada 207, hal ini rasional bagi rata-rata ops.
Dikala kita lupa melakukan backup, dikala kita lupa bahwa TTL atau nama PTK nya masih salah atau kurang, tentunya kita tak bisa melakukan edit data lagi pada rincian yang jelas sudah dikatakan akan dikunci pada awal instalasi.

Contoh :
1. Nama PTK sudah Benar namun Tanggal lahir salah, pun sebaliknya....
2. NIP nya benar namun Tanggal lahir salah....
3. Jika NIP nya saja yang salah tentunya kita bisa edit toh nip tidak di kunci...

Namun jika seandainya yang terjadi pada Point satu dan dua tentu kita akan kebingungan, data backup tak ada pula sebelum instal pacth 207.

Ada beberapa solusi mengatasi jika pada saat tidak bisa di edit lagi pada dapodikdas 207, maka disini kita bisa ambil peranan Pacth 206 karena pada 206 data-data tersebut belum di kunci.

Lakukan instalasi dengan pacth 206, jika tak punya lagi silahkan klik download Pacth 206
Setting mundur time atau waktu pada komputer atau Laptop kawan-kawan pada Bulan maret 2014...


Jika sudah silahkan buka aplikasi dapodikdas nya, silahkan edit data nama atau ttl PTK atau PD yang salah dan tak bisa di edit tadi.

Selesai, save, kembalikan tanggal dan waktu yang kita rubah tadi sesuai waktu kita sekarang, instalkan pacth Dapodikdas 207 kembali,.

Semoga Bermanfaat
NB
ada beberapa cara lain untuk itu dari Notepad dsn...

4 comments
surbant masroni

pak deni minta solusinya v 207 g bisa sinkron punya sy laporannya error network terus gimn? solusinya

Reply
Deni Ranoptri

Backup aplikasi nya instal ulang dari instaler 206, restore data, selesai instal pacth 207

Reply

Note: Only a member of this blog may post a comment.