Penyebab Data Info PTK Kembali Tidak Valid

Beberapa rekan ops mengeluhkan data entri inputan dapodik yang di upload Operator Tunjangan Disdik lewat aplikasi Backup Sinkron Dapodik (BSD).
Bagaimana tidak awalnya data mereka setelah terupdate BSD data inputan yang tercermin di Lembar Info PTK atau Cek Data Guru Hasilnya Normal atau valid sesuai hasil entri data dapodiknya namun beberapa waktu kemudian data hancur berantakan atau kembali tidak valid dengan kondisi data isian yang merah.

Hal ini membuat Operator Sekolah kebingungan, karena dua hari yang lalu sudah normal, tanpa diutak-atik baik sync atau BSD lagi kok bisa berantakan datanya...

Data kembali tidak valid atau/merah apa penyebabnya di Info PTK?
Hal ini di Jelaskan Ibnu Aditya Karana lewat akun jejaring sosialnya.
"P2TK sedang melakukan replikasi ke Server Dapodik dan sedang dilakukan ANALISA terhadap data berdasarkan hasil sinkronisasi (bukan berdasarkan BSD lagi) ". lanjutnya lagi
Tampilan Info PTK Masih Unstabil atau tidak stabil dan tetap dipublish untuk melihat sejauh mana analisa data yang menggunakan sinkronisasi. tegas Ibnu.

Salah satu Staff Database Management di Direktorat P2TK Dikdas ini juga memberikan tips atau solusi bagi OPS:
1. Kalau data di Info PTK sudah valid (dan sudah dapat SK Aneka Tunjangan), maka abaikan saja ketidaknormalan tersebut.
2. Kalau mau melakukan perbaikan data, karena memang sebelumnya data di Info PTK juga belum valid, maka lakukan perbaikan data tersebut melalui Aplikasi Dapodik versi 207c dan lakukan sinkronisasi seperti dulu lagi. jadi jangan pernah lagi kirim data BSD melalui Aplikasi Simtun maupun email.
Masalah:
Setelah melakukan sinkronisasi dengan versi 207, tampilan di Info PTK masih belum berubah sesuai data yang terbaru.
  Dikarenakan hal tadi Papar nya, "Untuk lembar info PTK sementara ini P2TK sedang melakukan replikasi ke Server Dapodik dan sedang dilakukan ANALISA terhadap data berdasarkan hasil sinkronisasi"

Semoga bisa bermanfaat bagi kawan semua dari penjelasan Admin P2TK tersebut,
sekedar saran ada beberapa sekolah yang tidak melakukan sinkronisasi namun hanya melakukan BSD.
Hal ini sudah disampaikan BSD hanya untuk Tunjangan dan data ini masuk pada P2TK Dikdas, namun sync sebagai satu data bagi acuan PDSP,Kemdikbud dan sebagainya karena dapodik adalah acuan penjaringan data pendidikan. lakukanlah sinkronisasi lewat dapodikdas 207c.

Bagaimana jika data belum valid dengan cara apa perbaikannya, sinkronisasi adalah jalur saat ini tak untuk BSD sudah diyakinkan akan ditutup karena sifatnya hanya sementara.

Jelasnya Bagi sekolah berikut Wajib Sinkronisasi dengan dapodikdas versi 207c:
1. Bagi yang belum melakukan sinkronisasi hanya pengirim BSD maka wajib melakukan syncronisasi dengan dapodikdas 207c.
2.Perbaikan data jika terjadi masih tidak valid juga lewat jalur Sinkronisasi.



No comments

Note: Only a member of this blog may post a comment.