Solusi Kegagalan Hasil Backup Aplikasi BSD

Aplikasi Backup Sinkronisasi Dapodik atau yg lebih familiar di sapa BSD ini telah disediakan oleh P2TK Dikdas dan diperkenankan bagi dan terutama sekolah-sekolah yang gagal melakukan sinkronisasi dapodik, meski demikian kiranya bagi yang berhasil sinkron tak salah menggunakan aplikasi BSD ini, sekedar berjaga-jaga karena sampai saat ini data hasil sync pun masih banyak yang belum jelas hasil dari replikasi server pada lembar cek info PTK.

Pada postingan yang telah lalu sedikit penjelasan tentang bagaimana cara instalasi dan penggunaan aplikasi BSD.

Pada kesempatan ini ada beberapa rekan yang telah menginstal apalikasi BSD namun hasil backup terasa ada keganjilan, misal hasil backup BSD hanya 1 kb tak berbanding dengan data aplikasi Dapodikdas kita ini justru sangat meragukan, apakah benar hasil backup sinkronisasi kita hanya 1 kb.


Pada persoalan diatas bisa sedikit diselesaikan dengan solusi sebagai berikut.
Solusi Jika hasil Backup BSD hanya 1 kb

1. Biasanya terjadi kesalahan instalasi, pada saat melakukan instal, tidak melakukan klik kanan untuk pilihan run as administrator. jika demikian lakukan uninstal aplikasi BSD instal ulang dengan cara tersebut, atau jika tak mau ribet un instal aplikasi maka coba klik kanan pada icon dekstop BSD pilih properties dan ceklist run as administrator.

2. Saat melakukan Backup beberapa anti virus pada PC/Laptop anda yang punya sekuriti lewat anti virus harap disable kan dulu saat akan melakukan backup hasil BSD.

Dan yang tak kalah di perhatikan pula bagi kawan-kawan OPS, adalah hasil backup itu sendiri seperti contoh berikut :

File hasil dari BSD yang akan diserahkan ke OP. Kabupaten adalah file yang bukan seperti ini penamaannya :

052607 _Kab__Tabalong_30303177_SD_NEGERI_2_GARAGATA_22022014020713.std

angka 4_22022014020713. di ujung nama file seharusnya tidak ada,..angka ini bisa bermacam- macam tergantung tanggal backup.
 
Nama file yang benar hasil BSD harusnya cuma seperti berikut :

052607 _Kab__Tabalong_30303177_SD_NEGERI_2_GARAGATA.std

1. Jika masih seperti contoh pertama un install Aplikasi Backup Sinkronisasi Dapodik (BSD), namun jika hasil tetap saja maka pakai solusi kedua di bawah ini.


2. Hubungi operator tunjangan untuk minta file installer BSD yg benar dan versi terbaru, atau jika berkenan klik Download BSD versi Terbaru


No comments

Note: Only a member of this blog may post a comment.