Cara Terbaru Sinkronisasi Offline Dapodikdas

Beberapa hari menjelang deadline sync, banyak kendala yang dihadapi para ops untuk melakukan sinkronisasi, pada berbagai temuan yang dihadapi setelah klik sinkronisasi selalu keterangannya server dalam perbaikan atau bahasa lain yang terkesan aneh-aneh jawabannya.

Hal ini sedikit membuktikan bahwa server pendataan lagi padat kunjungan sync, hingga mencari waktu yang tepat untuk sync menjadi solusi terbaik, jika pun demikian kita berhasil sync pada jam sepi dari aplikasi bukan jaminan sukses sync kita ideal seperti apa yang kita harapkan karena diantaranya :

1. Waktu selesai pada update log tak muncul
2. Data perubahan pada tabel ketika melakukan sync masih saja ada data tersisa walau kita sudah melakukan sync dengan keterangan berhasil.

Meski hasilnya demikian bukan berarti gagal, karena kita perlu lihat hasil data sync kita di web info pendataan dikdas untuk memastikan apakah data kita sudah berubah.

Namun keraguan tetaplah keraguan, ketika waktu sync mulai ada akhir tak muncul, ketika hendak lagi melakukan sync diatas berketerangan masih tgl update sync yang lalu. yang lebih menakutakan lagi data perubahan pada tabel masih ada dengan status gagal kirim, karena hal ini tidak seperti biasa layaknya kita melakukan sync dari aplikasi pada saat sebelumnya.

Jika sudah demikian beberapa ops lebih memilih cara offline yang dianggap, cukup manjur, cara ini cukup baru walau sebenarnya sudah lama dengan melakukan sinkronisasi secara offline dapodikdas

Berikut langkah sinkronisasi offline
 Putuskan Koneksi internet anda, baik dari modem atau lainnya.
 klik validasi, dan klik sinkronisasi> klik lagi sinkronisasi pada tabel dalam seperti layaknya kita melakukan sync secara online.
 perbedaan hanya kita akan di minta mendownload file dan tentunya kita harus mendownload nya seperti gambar berikut.
klik link download tersebut dan biasanya hasil download nya seperti ini

2JEO51T9G_Sync_ke_server.syc  

2JEO51T9G itu merupakan kode registrasi saya punya kawan ops tentu lain lagi, namun hanya mengingatkan jika lupa kode registrasi sekolah hal ini bisa membantu.

Mari kita lanjutkan jika kita telah selesai mendownload harap ingat-ingat dimana letak penyimpanan hasil download tadi, dan jangan lupa sambungakan koneksi internet yang kita putuskan tadi, karena kita akan melakukan upload kembali pada web pendataan halaman upload data...


Setelah kita klik maka akan keluar tampilan sebagai berikut








Isi Kode registrasi, username dan pasword saat login aplikasi dapodikdas kita, browse cari file download saat kita download file offline tadi. kemudian klik upload, dan tunggu beberapa saat jika berhasil maka akan keluar tampilan berikut:
klik download data perubahan dari pusat yang biasanya hasil file nya seperti berikut 2JEO51T9G _Sync_ke_local.syc
Belum berakhir sampai disitu jika kita sudah mendownloadnya, kembali kita putuskan koneksi internet buka aplikasi kita,  karena data perubahan dari pusat yang kita download perlu kita push lagi ke aplikasi
Klik Validasi>sinkronisasi>sinkronisasi akan muncul tampilan berikut


 Ingat yang akan kita push adalah data yang kita download dari hasil perubahan pusat seperti contoh punya saya perhatikan 2JEO51T9G _Sync_ke_local.syc dan jika sudah memilih file hasil download

lakukan push data. jika berhasil maka akan muncul tampilan seperti layaknya kita melakukan sinkronisasi cara biasa namun perbedaan hanya hasil lebih baik karean adata tabel akan terkirim semua :         
Perhatikan pula tanggal mulai dan selesai pada log aplikasi refresh maka akan muncul waktu mulai dan selesai.

terakhir kita periksa data kita pada web pendataan apakah sudah berubah, jangan lupa nyalakan dulu atau sambungkan lagi koneksi internetnya.

Catatan Jika mengalami server sedang sibuk tentunya kita ulang-ulang karena server tujuan sama saja dengan cara aplikasi ini hanya sebuah cara sync yang berbeda.
Selesai dan semoga bermanfaat.
          


2 comments

Note: Only a member of this blog may post a comment.