Sukses Sync Lahirnya Dapodikdas 206

Berbagai Produk IT tentulah tak beda jauh dibalik kelebihan masih terlihat pula kekurangan, begitu pun Dapodikdas yang lagi marak-maraknya di dunia pendidikan terutama pendidikan dasar dan menengah.


Dari berbagai versi perubahan-perubahan aplikasi demi melakukan perkembangan guna menuju tahapan yang ideal telah dilakukan Tim pengembang pusat. agar kwalitas data yang diharapkan serta kwalitas aplikasi yang ideal sedang dan tengah dilakukan.

Pada versi Dapodikdas 205 ini sudah terasa kenyamanan para Operator sekolah dalam pengentrian data serta masuk ketahapan sinkronisasi, pada tahapan sync Dapodikdas 205 ini ada hal-hal yang berbeda dan perlu perhatian Para operator sekolah setelah melakukan sinkronisasi baiknya melakukan hal-hal berikut ini

1. Sinkronisasi dengan Replay akhir Berhasil Pada versi 205, harus di perhatikan indikator lain seperti tabel data, lihat berapa data yang sukses terkirim ke server dan adakah yang gagal dengan kasus data gagal terkirim keserver ini masih pada tahapan kuantitas data bukan masuk pada tahap kualitas data, baik dari itu jangan dulu masuk ke semester genap. lihat tabel contoh kesuksesan data pengiriman.
2. Indikator lainnya setelah sync dan Replay berhasil kita Reload tidak ada data yang tertinggal, atau yang gagal terkirim ke server. ini juga masih pada tahapan kuantitas data bukan pada kualitas yang data yang kita harapkan.

Dari pengalaman para Operator Sekolah indikator Sync berhasil Pada Dapodikdas 205 adalah sebagai berikut :

1. Replay Sinkronisasi  Berhasil
2. ada durasi waktu tertera pada log aplikasi
3. data perubahan berhasil di kirim keserver (SUKSES)
4. ada data yg terkirim dari server ke lokal (jika ada)
5. Ketika Di reload ( tabel jadi kosong) tidak ada data yg tertinggal..
Silahkan sekarang coba buka aplikasi dan validasi dan klik Sinkronisasi apa Yang terjadi?
Namun jika kita bicara hal lain mengapa bisa gagal, tentunya banyak Faktor yang mempengaruhi, terutama tidak sesuainya data yang struktur yang diminta server, seperti tanpa kita sadari saat instal pacth dari beberapa versi masih saja terjadi munculnya data rincian PD didata wali tertera angka, 0, 98 yang mesti kita benahi. 
 Persoalan tersebut jelas sudah diketahui admin pusat dari berbagai laporan keluhan para Operator Sekolah. menyikapi hal tersebut admin pusat Yusuf Rokhmat mengatakan persolan ini.
"Aplikasi sengaja kami buat Expired perbulan ini guna mencari Solusi itulah alasannya kami buat expired, jika nanti terjadi penolakan pada sync 205 bisa diartikan akan Keluar Dapodikdas 206"
Dapodikdas 206  sendiri lanjutnya lagi. " ini merupakan penyempurnaan bugs pada versi sebelumnya. Terlepas dari itu kami belajar mengatur ritme managemen bugs yang terjadi pada tahun-tahun belakang ini. Jelasnya."
Yusuf Rokhmat
 
 Pada Dapodikdas 206 pula rencana akan di buatkan fitur tambahan /Fiture candidate Release yang memudahkan pada pemindahan data semester 1 sama dengan semester 2, jadi tidak terjadi invalid lagi pada Data Periodik seperti yang terjadi pada genap dan ganjil dapodikdas 205 para OPS harus input manual data periodik.
4 comments
Wahyu Eka Prasetiyarini

wah semakin berkembang aja nih mas dapodiknas. Pasti banyak para guru yang pusing nich :D

Reply
Deni Ranoptri

Hahaha benar mba. rawan pergantian pacth kasian guru2 di pedalaman yang jarang online, saat buka aplikasi eh, malah expired...gak tau kalau dah ganti

Reply
wi naryo

kapan rilisnya yang 206 pak admin

Reply
Deni Ranoptri

Kabar punya kabar akhir januari ini pak...semoga. kita tunggu kehadirannya

Reply

Note: Only a member of this blog may post a comment.