Cara Mengetahui Aplikasi Pengguna Port 80

Saat melakukan instalasi pada Dapodikdas kita tentu masih mengingat Port 80 pada tampilan awal saat instalasi Dapodikdas dengan bundling instaler.
Port 80, Port ini biasanya digunakan untuk web server, jadi ketika user mengetikan alamat IP atau hostname di web browser maka web browser akan melihat IP tersebut pada port 80, beginilah aplikasi Dapodikdas yang berbasis webserver ini berjalan, ketika kita ketikkan localhost pada Browser maka bagi windows yang terinstal aplikasi  akan terpanggillah Data pokok pendidikan Dasar 2013 atau Dapodikdas.

Banyak kejadian port 80 terjadi konflik atau ada aplikasi lain yang juga menggunakan port yang sama hasilnya apache/2.4 tidak bisa di star atau di running, pada DapodikdasWebSrv yang indikasi nya akhirnya macam-macam obyek tidak ditemukan misalnya saat kita ketikkan localhost.

Bagaimana cara Cek aplikasi yang menggunakan port 80 misal jika terjadi bentrok rebutan port.
langkah awal kita gunakan Command Prompt.
Klik Star pada windows >ketik "cmd" (tanpa tanda petik)> tuliskan "netstat -a -no"(tanpa tanda petik) tekan enter, kira-kira beginilah tampilannya.
saya menemukan TCP 0.0.0.0 :80, yang harus dilakukan catat dan ingat listening dan Kode PID nya seperti contoh 1852 diatas itu PID. jika sudah tutup saja.

Selanjutnya kita cari tahu siapa aplikasi pemilik port tersebut. dengan jurus pamungkas biasa untuk memunculkan task manager tekan Ctrl+Alt+Del berbarengan, pada kolom proses atau pada kolom service akan muncul tampilan berikut :
Itu dia pemiliknya PID 1852 DapodikdasWebSrv tentunya ini milik Dapodikdas masih saudara DapodikdasDB.
Jika terjadi bentrok atau aplikasi lain yang menggunakan port 80 maka langkah kita tidak hanya mengecek saja seperti cara diatas namun menghentikannya agar Apache DapodikdasWebSrv bisa berjalan normal.
cara menghentikannya jika terjadi demikian saya sarankan jangan lakukan penyetopan pada task manager yang biasa distopkan pada tab Proses di task manager. seringa tidak bisa di end proses jika lewat bagian tersebut.

Langkah amannya untuk mematikan aplikasi lain yang bentrok, uninstal aplikasi yang teridentifikasi menggunakan port 80 namun lebih baik  lakukan dulu klik star>ketik service>view service local.
kemudian di antara banyak aplikasi tersebut cari program atau aplikasi yang terdeteksi menggunakan port 80 saat , kemudian klik kanan, klik stop, atau dengan cara stop gambar berikut.

Setelah di Stop Program tersebut terserah mau diapakan agar tidak mengganggu lagi jalannya aplikasi Dapodikdas.

Semoga Bermanfaat...








6 comments
Wahyu Eka Prasetiyarini

ternyata agak rumit juga ya mas untuk mengelola dapodiknas :)

Reply
Deni Ranoptri

Benar Mba Wahyu org2 yg jawara urusan IT seperti Mba Wahyu atau yg lbh tersohornya Cara Ririn saja mengatakan demikian, apalgi sekelas kami, penuh kegalauan

Reply
ucu nurodin

wah makasih mas ilmunya, selain pada task juga masih ada lagi ya mas buat berhentiin program

Reply
Deni Ranoptri

Iya sahabat Ucu Nurdin, lewat star>service>view service local seperti panduan diatas...

Reply
Fajar Muslim

wah, lah ini yang aq cari . . .
thx gan infonya

Reply

Note: Only a member of this blog may post a comment.