Solusi Masalah Dapodikdas Versi 204

Berbagai solusi yang lahir dari pergantian versi dapodikdas tentunya sudah pasti ada solusi namun jangan heran juga ada masalah. pada versi yang saat ini bisa dikatakan terakhir Dapodikdas 204 yang sudah disedia patch nya. sebenarnya tim pengembang sendiri sudah mengumumkan dan mewanti-wanti dalam cara penggunaan aplikasi Dapodikdas 204 sebelum dirilis, seperti pada posting sebelumnya cara penggunaan Dapodikdas 204 tentunya kawan-kawan Operator sekolah mesti bersiap jangan kaget jika perubahan struktur database 2,30 menjadi 2.34 dikala kondisi PC/Laptop tidak fit juga akan berakibat kurang baik dan akan muncul hal-hal yang diluar dugaan dan sudah pada awal tim pengembang memberitahukan untuk membackup data hasil pengerjaan dapodikdas.

Seperti masalah yang ramai muncul saat melakukan instal pacth 204.
1. Setelah instal Pacth 204 login namun data berubah jadi putih atau blank
2. Sudah melakukan instalasi dengan baik, pakai ctrl+f5 atau ctrl+r sebelum login namun tak berapa lama sukses aplikasi kok malah expired kembali padahal sudah versi 204 dengan database 2.34.
pada point kedua ini solusi termudahnya beralih browser, dari chrome ke mozilla atau sebaliknya, namun jika tidak menyelesaikan masalah juga maka ikuti cara solusi di bawah
3. Setelah instal pacth sudah tekan f5, atau cara reload yang namun aplikasi tak kunjung berubah.
4. Ini bagi pengguna RC 204 sebelumnya, setelah instal aplikasi kok masih terbaca 204 RC.

Jika terjadi hal-hal demikian pada sahabat semua. sedikit saran, meski terlambat namun tak salah kita coba, dan saya sudah melakukannya kepada teman-teman ops lain, lumayan dan berhasil.
langkah pertama solusi Permasalahan Dapodikdas 204 :

1. Coba Backup data Dapodikdas Bapak ibu,dengan cara yang sudah bapak ibu ketahui, namun jika belum ini sedikit trik cara backup lokal Dapodikdas.
2. Reinstal aplikasi dapodikdas yang meliputi, uninstal aplikasi(hapus) dan instal kembali Dapodikdas 203, registrasi dengan username dan pasword terdahulu namun jangan login dulu, restore kan data backup setelah sukses registrasi. lalu login.
dan oke 203.
3. Log out dan instal pacth versi 204 yang baru di unduh cara pacth tentu sudah mengerti jika belum ini cara patch aplikasi dapodikdas.

buka aplikasi dapodikdas tekan ctrl+f5 atau ctrl + r atau f5 saja, lakukan 2 sampai tiga kali, lalu login sesuai data registrasi.
selesai.

namun perlu kawan-kawan ingat jika melakukan dua instalasi dan dua registrasi pada pc/laptop boleh juga lepi yang berbeda, juga akan bermasalah pada salah satunya dan biasanya jawabannya saat registrasi data sekolah tidak ditemukan. Backup data Un instal aplikasi keduanya. dan instalasi salah satu saja. langkah selanjutnya ikuti cara diatas

Semoga Bermanfaat
No comments

Note: Only a member of this blog may post a comment.