Solusi Genap/Nan,Blank Putih Dapodikdas

Beberapa OPS menemukan berbagai masalah kejadian dilapangan. hal aneh nya masalah ini sebenarnya tak harus terjadi namun keadaan kondisi PC/Laptop tidak fit akhirnya berbagai masalah yang diluar kebiasaan terjadi, hal ini bukan sedikit operator sekolah yang menemui kejadian seperti berikut yang tak kunjung mengerti apa penyebabnya, setelah melakukan backup data, saat ingin reinstal aplikasi atau instalasi pacht 204 Dapodikdas sering kita jumpai seperi masalah berikut ini :



1. Aplikasi pada saat mau Login Dapodikdas jadi Genap/Nan atau semesternya Genap saja.

2. Saat login dengan user dan pasword yang bisa sukses namun tak bisa memunculkan dashboard aplikasi atau tampilan dapodikdas blank Putih.

3. Yakin sudah melakukan reinstal namun saat registrasi Kode Registrasi tidak ditemukan.
 Padahal jika tau saja, prefill_dapodik tak berubah masih ada, Koreg juga akurat gak ngawur asli yang kemaren saat instal pertama.

Masalah-masalah diatas sering terjadi dari pengalaman penulis sebagai berikut, tidak sehatnya bisa juga tidak steril kondisi Lepi para ops dalam menerima perubahan struktur aplikasi dapodikdas.
yan takkalah penting adalah cara backup data yang kurang mantap. biasanya saat menyetopkan DapodikdasDB dan DapodikdasWerb belum selesai atau bisa jadi belum distopkan namun sudah di copy duluan database aplikasi.

Jika sudah demikian walau kita ketik restart pada DapodikdasDB dan Dapodikdaswerb maka tetap saja, ya sudahlah tinggal kita cari Solusi nya, sekedar berbagi tips jika mengalami masalah diatas, karena file-file sekolah.rar, config yang sudah disediakan dari tim pendaataan tak jua kunjung mengatasi. maka cobalah cara berikut :

Data Backup, berupa database aplikasi tentu masih ada buka, jika tidak ingin instal ulang dari nol lagi.

Cara mengatasi Genap/Nan, Blank Putih saat Login, dan Kode registrasi tidak ditemukan pada Dapodikdas 2013

1. Instal Aplikasi Dapodikdas 203, lakukan instalasi seperti biasa, selesai (Gak usah pakai registrasi)

2. Restore database yang telah di backup tadi agar tidak mulai dari nol lagi.

3. Instal pacth 204 jangan lupa saat cmd jalan jangan di close ya. ctrl +F5 Login yakin saja database kita disitu masih bersemayam pasword dan user kita,

Semoga berhasil kawan, namun jika gagal juga mau tidak mau cobalah berpindah Lepi jika tidak ingin mulai dari nol lagi, tapi yakin saja cara diatas cukup ampuh pada pengalaman kami.


Semoga dapat membantu.




3 comments
Unknown

Salam kenal,
Bagaimana klu hal di atas terjadi setelah backup data dipindah dari laptop OS XP ke laptop OS Win.7, apakah bisa teratasi ?. Mohon solusinya?

Reply
Deni Ranoptri

Bisa pak, asal data backup nya, ada gak maslh jika pada versi 204, 205 ini

Reply
Laela Suliswati

Coba cara ini..
http://laelasuliswati.blogspot.com/2014/06/cara-mengatasi-instalasi-dapodik-di.html

Reply

Note: Only a member of this blog may post a comment.