JJM Guru BK Pada Dapodikdas

Pada dapodikdas 2013 hal yang cukup membingungkan bagaimana kita memilah mana matpel tambahan mana matpel wajib tambahan berbeda tipis namun karena itulah banyak yang membuat para Operator Sekolah bingung pilihan yang mana yang harus di gunakan.

Beranjak Pada input data Dapodikdas bagi Tingkat Sekolah dasar untuk membedakan dua hal tersebut tidaklah susah atau serumit tingkat SMP yang identik dengan Guru Mata Pelajaran.

Mengaitkan hal tersebut pada tingkat SMP, bagian tekhnis Dapodikdas 2013 menjelaskan pada tingkat SLTP atau SMP terutama JJM Guru BK (Bimbingan Konseling) dan Guru Agama
"Matpel BP/BK memang tidak masuk pelajaran wajib di KTSP ataupun pada Kurikulm  2013. Jadi BP/BK masuknya menjadi matpel tambahan Pada Dapodikdas. Karena kalau Bimbingan Konseling dimasukan ke matpel wajib maka bisa-bisa jjm matpel wajib dalam satu rombel bisa melebihi 32+4 jjm dalam satu minggu, otomatis rombel tersebut bisa di katakan rombel tidak normal".
Tidak usah khawatir bila BP/BK di masukan ke matpel tambahan dan tidak tampil ke profil sekolah lanjutnya lagi, "oleh sistem BP/BK dan matpel agama ada pengecualian. Oleh sistem akan tersimpan. Karena untuk matpel BP/BK dan Agama akan diolah nya melalaui datawarehouse PDSP sendiri"
Sementara untuk cara penghitungan JJM Bimbingan Konseling. hitungannya, masih pada total minimal 150 siswa untuk 24 JJM satu minggunya, 
Asumsi Hitungan misal satu Rombel terdapat 30 siswa maka 30/150 dikalikan dengan 24, hasilnya 4,8 jam bisa dibulatkan menjadi 5 jam, dan begitu pun hitungan pada rombel lainnya yang disesuaikan dengan jumlah siswanya.
 
Semoga Bisa Membantu
4 comments
Actora Yandra

utk agama gimana ya kan cuma 3 jam per rombel tentu tdk sampai 24 jam jika ditotalkan???

Reply
Deni Ranoptri

Kan ada Moluk potensi daerahnya pak semisal Pendidikan Al-qur'an yang udah diakui...bisa ditambahkan matpel wajib tambahannya...2 jam atau 1 jam

Reply
suhadi.operator@gmail.com

q mau tanya pak gmn guru BK siswanya cuma 104 didalam Dapodik kok tdk rasio, q minta solusinya krn q bingung pak

Reply

Note: Only a member of this blog may post a comment.