Cara Input Dapodikdas Semester Genap

Penginputan data semester genap atau semester kedua pada Dapodikdas 2013 telah dekat, hal ini selaras dengan pesan yang harus dikerjakan pada Dapodikdas 205 nanti, pada tahapan semester satu saya yakin kawan-kawan dalam entri data sudah memahami benar.
sedikit berbagi cerita pada bagaimana jika kita melakukan penginputan data pada semester dua atau genap tahun pelajaran 2013/2014 yang bulan Januari 2014 ini akan pula kita harus kerjakan.
Sekedar berbagi tips atau trik yang mungkin bermanfaat bagi kawan-kawan.

Cara Isi dapodikdas pada semester genap tahun pelajaran 2013/2014.

Langkah pertama pasti dan tentunya kita harus login pada aplikasi Dapodikdas dengan pilihan semester genap. Berikut tampilan gambarnya.


Jika kita ingat pada semester ganjil kita telah lakukan pilihan status manual bagi peserta didik lewat drag dan drop kursur ke rombel dengan pilihan naik kelas atau mengulang, pada semester genap agak lebih nyaman, tinggal kita klik rombel nya dan pilih lanjutan semester.

Anggota rombel akan terisi otomatis hanya saja sesuaikan misal jika ada siswa nya yang berhenti, mutasi dan sebagainya, maka jelas harus dikeluarkan dengan registrasi pada tabel utama seperti halnya cara memutasi siswa dan PTK pad semester lalu.

 Catatan yang harus diperhatikan adalah sebagai berikut :
1. JJM PTK pada kolom pembelajaran harus di input ulang
2. Data periodik peserta didik juga harus di input ulang
akan tejadi invalid terutama pada data periodik peserta didik, berat badan, tinggi badan, jarak, waktu tempuh dan jumlah saudara peserta didik.
untuk meningkatkan efetivitas entry data dan interaksi pengguna, akan di buatkan fasilitas fitur (candidat release) yg memindahkan data periodik SMT 1 = SMT 2 secara ototmatis di data periodik siswa , Sarpras dan Sekolah. sehingga tidak perlu input 1 per 1 kembali di setiap data periodik. Janji Admin Pusat.
Dan Cukup Penting apabila data Sanitasi tak bisa di Save pada inputan data Semester Genap, maka lakukan pilihan angka Penyesuaian lihat panduan Gambar berikut :


Semoga bermanfaat.


3 comments

Note: Only a member of this blog may post a comment.