Tips Sukses Sinkronisasi Dapodikdas 2013

Sudah memasuki minggu kedua bulan nopember belum ada tanda-tanda kemudahan saat sinkronisasi data dapodikdas 2013. rata-rata jika melakukan sinkronisasi  belum pada tahapan komparasi data sudah ada reply bahwa sinkronisasi Dapodikdas Constraint Failed, yah cukup membingungkan sampai kapan Para operator harus menunggu, karena hanya ada jawaban sabar dan tunggu akan perkembangan aplikasi yang bakal akan ada penyempurnaan pada pacth 2.0.4 yang tim pengembang pusat sedang dan tengah akan memperbaiki hal ini.

Sampai beberapa kali penulis melakukan sinkronisasi data namun jawaban sama jangan-jangan untuk menambahkan PTK dan PD baru tiap kali sync pasti jawabnya Constraint Failed mau ngadu kemana lagi rata-rata temen Operator lain juga punya hal yang sama.
sampai suatu hari penulis coba melakukan backup data pada dapodikdas 2013. mencoba berpetualang akan aplikasi ini dan tak salah sync saya bisa sukses walau belum bisa menambahkan PD dan PTK baru namun setidaknya bisa menembus sukses sync melewati tahapan komparisasi.

setelah berulang kali uninstal aplikasi akhirnya berhasil juga, alhamdulillah...
kalau mau berbagi mungkin bisa bermanfaat bagi kawan-kawan operator namun saya bukan menjamin sepenuhnya akan sukses, tapi coba bercerita akan kesuksesan saya melakukan sync pada aplikasi dapodikdas 2013 atau sedikit Cara agar Sinkronisasi Dapodikdas 2013 Bisa Sukses.
Berdoa
1. Backup Data agar aman hasil kerja bapak/ibu, kalau belum tau cara Backup data lihat disini tips nya
2. Uninstal aplikasi dapodikdas 2013 anda  dan restart serta coba instal lagi dengan mengembalikan data yang telah di backup tadi.
3. Lakukan sync pada saat jam sepi atau tidak sibuk atau pula pengguna internet di dunia maya terutama pada jam para OPS tidur, seperti jam 4 pagi, jam 3 pagi.

Hanya tiga hal tersebut yang dilakukan penulis meski berusaha seraya berdoa mencoba-dan mencoba lagi dan berulang kali melakukan uninstal aplikasi hampir putus asa namun jangan putus asa sambil menunggu sempurna nya aplikasi dapodikdas 2013 ini.
Namun jika masih bermasalah Para Operator Sekolah bisa melakukan atau melaporkan kegagalan sinkronisasi ini ke tim pusat dengan cara
Bagi yang gagal karena constraint failed bisa dibuka log errornya di
C:\Program Files\Dapodikdas\dataweb\synch
\systemlog
disitu ada 2 file yaitu errors_db dan log_proses bisa dikirimkan file tersebut ke syncdapodik@gmail.com

dengan memberi keterangan
versi database :
versi aplikasi :

File yang Anda kirimkan akan membantu dalam pengembangan aplikasi.

Terimakasih atas kerjasamanya.


Salam Semoga bermanfaat.

1 comment
Wahyu Eka Prasetiyarini

semoga cepat sukses ya mas / pak guru untuk sinkronisasi dapodiknas :)

Reply

Note: Only a member of this blog may post a comment.