Pengertian Constraint Failed Dapodikdas 2013

Kembali membahas Permasalahan Dapodikdas 2013, yang mana pada versi 2.0.3 aplikasi sudah terbuka untuk melakukan sinkronisasi pada versi 2.0.3 namun pada saat sinkronisasi selalu kebanyakan reply atau balasan akhir yaitu CONSTRAINT FAILED.
Constraint failed sendiri pada Dapodikdas 2013 bisa diartikan seperti ini.
Constraint artinya
Hanya diterima oleh server namun itu  maksudnya karena server masih pada tahap pengembangan. Kita hanya boleh sinkronisasi data terbaru. Namun belum bisa mengubah data yang teintegrasi dari data yang terinput ke tabel utama sync atau bahasa ringannya data yang terkirim masih bersifat saving in server (tersimpan dalam server) namun masih belum terpublikasi.

Disamping itu pula kondisi Patch Dapodikdas Versi.2.0.3 masih belum bisa sempurna melakukan sinkronisasi online secara normal dan ideal seperti yang di harapkan para operator sekolah, namun hal ini sudah ditemukan penyebabnya oleh Tim Pengembang Dapodikdas 2013 yang pada Grup Facebook Pendataan sendiri mengakui dan menyatakan akan ada penyempurnaan yang diterangkan sebentar lagi diunggah pacth yg menyempurnakan masalah tersebut, diharapkan para OPS untuk bersabar. walau kita sadari versi 2.0.3 ini cukup ribet pengerjaannya yang tidak hanya berfokus pada proses sinkronisasi semata.

berbagai masalah yang ditemukan pada Dapodikdas versi 2.0.3
1. Peserta didik berkebutuhan khusus netra A
2. PDSP Coba membanned JJM Mengajar pada pembelajaran hanya 4 jam saja untuk mapel namun ternyata Guru Kelas Pun ikut terbanned dan tidak bisa menuliskan JJM nya 24 jam.
3. Jumlah PD dan PTK banyak yang malah berganda
4. Cara mengembalikan peserta didik yang keluar juga tak bisa dengan trik versi terdahulu
5. kolom digit SK pun tak berubah.
6. Aplikasi pada versi 2.0.2 jadi Expired Mendadak.
7. Bermunculan masalah halaman tidak ditemukan saat membuka aplikasi
dan sebagainya.

Hal ini tentu dan pasti membuat Operator Sekolah makin galau dibuatnya, di jejaring Sosial diberbagai kelompok OPS mengeluhkan versi ini.
Namun ada juga yang bisa melakukan cara sinkronisasi Dapodikdas dengan Sempurna, lain waktu kita akan bahas masalah itu.
 
No comments

Note: Only a member of this blog may post a comment.