Data Prefille ini adalah Data Starter

Berbagai pemahaman dalam aplikasi Dapodikdas pada kali ini, namun mungkin kurangnya sosialisasi pada tahapan awal banyak sekolah yang kurang memahami tentang aplikasi ini. hingga setelah mendapat instaler dapodikdas 2013, langsung instal dengan yakinnya, eh ternyata koreg tidak ditemukan, langsung kaget dan menyalahkan aplikasinya yang gak beres atau ada tuh aplikasinya gak asli walau sama-sama downloadnya dilaman unduh pendataan dikdas.
pada postingan yang lalu kami telah membahas Cara instal Dapodikdas dengan Database prefille silahkan lihat jika yang belum mengetahui.
pada kesempatan ini kita akan sedikit berbagi tentang database prefille. apa sih database prefille tersebut ?
yah yang jelas untuk mengembalikan data dapodik terdahulu agar tak ngentri data ulang lagi, saya jawab benar namun tahukah anda bahwa data prefille tersebut adalah starter aplikasi Dapodikdas 2013 ini.

Coba saja instal tanpa database prefille atau tanpa prefill_dapodik maka yg terjadi aplikasi akan menjawab Kode registrasi tidak ditemukan sama juga bohong jika preffil sudah ada namun kode registrasi tak punya, mereka seperti terprogram bagai pinang di belah dua dan malah saling ketergantungan satu sama lain.

Sangat Vital Database prefille ini dan mesti kita Download Database Prefille di Laman unduh milik direktorat pendidikan dasar.

Seperti yang diucap master Jaya Negara Data Prefill adalah data stater bagi sekolah ketika melakukan pertama kali instalasi aplikasi
Ketika anda (OPsekolah) instal app 2013 ke lepi anda, terus memasukan koreg pada saat registrasi, maka nanti data sebelumnya yang tercantum pada database sebelumnya akan muncul dengan hasil generat dari tim pusat"
para OP SD tinggal entry data kelas I (siswa baru) dan melengkapi data yanag lain..
sedangkan untuk SMP hanya melakukan searching untuk siswa baru dengan memasukan data pada kolom searching (smartsearching) data:
1. nama siswa
2. NISN/NIK
3. nama IBU.



Nah sangat pentingnya database prefille pada awal instalasi dapodikdas 2013 kiranya hal ini dapat bapak Ibu Perhatikan agar juga tidak terjadi Kode registrasi tidak ditemukan pada Dapodikdas 2013.

betapa vital peran data prefille bukan hanya mengembalikan data namun juga sebagai awal starter instalasi Dapodikdas.

No comments

Note: Only a member of this blog may post a comment.