Data Penting Dapodikdas Bagi PTK Telah Sertifikasi

Beberapa hal penting yang kawan-kawan harus perhatikan dan ini cukup vital untuk jangan coba-coba diabaikan bagi Guru atau PTK yang telah tersertifikasi pada kolom Dapodikdas 2013 yang sudah dirancang sebaik mungkin dan data-data ini wajib dan penting diisikan terutama bagi PTK yang telah tersertifikasi.
Apa data lain tidak penting ? semua penting namun yang ini jangan coba diabaikan, kawan-kawan operator sekolah semoga bisa mencermati pada isian-isian berikut janganlah coba mengabaikan. jika tidak ingin PTK yang bersangkutan tidak keluar tunjangan profesinya.

Syarat Data Dapodikdas 2013 untuk PTK yang telah sertifikasi

Yang pertama PTK yang bersangkutan memiliki sertifikat pendidik yang sah. dengan cara apa dia memperolehnya ada dua jalur yang cukup ternama satu dari jalur Portofolio. kita cermati cara Portofolio itu bagaimana ? Portofolio adalah kumpulan dokumen yang menggambarkan  prestasi seseorang.
Portofolio guru adalah kumpulan dokumen yang menggambarkan pengalaman berkarya/prestasi  dalam menjalankan tugas profesi sebagai guru dalam interval waktu tertentu. Penilaian Portofolio merupakan proses pengakuan atas pengalaman profesional guru melalui penilaian kumpulan dokumen.
Sertifikasi melalui penilaian portofolio diperuntukkan bagi guru yang memenuhi batas minimal skor sebagaimana ditetapkan dalam pedoman. 
Portofolio ini nampak sudah tak nampak kalau kita coba lihat dari tahun 2011 kemaren.

 Dan pada cara yang kedua ini nampak pemerintah semakin berbenah merekrut PTK  yang telah besertifikasi dengan cara  Pendidikan dan pelatihan profesi Guru/PLPG adalah sebuah media yang diberikan pemerintah kepada para guru untuk meningkatkan kualitas dan profesionalisme saat membimbing siswa-siswinya. Kegiatan pelatihan bagi guru pada dasarnya merupakan suatu bagian yang integral dari manajemen dalam bidang ketenagaan di sekolah dan merupakan upaya untuk mengembangkan pengetahuan dan keterampilan guru sehingga pada gilirannya diharapkan para guru dapat memperoleh keunggulan kompetitif dan dapat memberikan pelayanan yang sebaik-baiknya sehingga mereka dapat bekerja secara lebih produktif dan mampu meningkatkan kualitas kinerjanya. Alan Cowling & Phillips James(1996:110) memberikan rumusan pelatihan sebagai: “perkembangan sikap atau pengetahuan atau keterampilan pola kelakuan yang sistematis yang dituntut oleh seorang karyawan untuk melakukan tugas atau pekerjaan dengan memadai”.

Yang berikutnya adalah Jumlah Jam mengajar atau JJM 24 Jam ini wajib bagi guru-guru yang telah tersertifikasi serta harus linear dengan yang mata pelajaran yang di ampu pada sertifikasi cara input JJM pada Dapodikdas kiranya cukup Jelas pada peraturan yang saya postingkan pada beberapa hati yang lalu tentang Aturan Hitungan JJM  Dapodikdas.

Memiliki Nomor Registrasi Guru atau NRG dimana mencari NRG buka pada aplikasi dapodik terdahulu atau bisa di pengecekkan data Guru disini. 
NRG dikeluarkan oleh sistem dipaling bawah data PTK. copy dan masukkan pada data PTK,

Yang tak kalah penting adalah nomor sertifikat sertifikasi dan nomor peserta sertifikasi tahun berapa PTK tersebut telah tersertifikasi lihat pada tabel Riwayat sertifikasi kolom-kolom itu harus diisi.
Hal-hal tersebut kiranya menjadi perhatian sangat vital namun dengan saran juga jangan meremahkan data-data lain.

Semoga Bermanfaat.
2 comments
Wahyu Eka Prasetiyarini

Data penting ini pastinya tidak boleh dilupakan ya pak oleh para guru :)

Reply

Note: Only a member of this blog may post a comment.