Dapodikdas 204 Solusi yang ditunggu

Begitu banyak kegalauan Operator sekolah menyangkut pendataan Dapodikdas 2013 hal ini bukan segelintir orang saja namun sudah menjadi masalah umum, dari kutipan yang saya lansir dai Grup Facebook ini dan berita ini disampaikan dari rekan yang mengikuti sosilalisasi Dapodikdas 2013
Kesimpulan dari paparan yang disampaikan oleh narasumber pada saat sosialisasi Dapodikdas Bpk. Andien (Bagian P2TK Dikdas) dan Bpk. Adam (Tim Pengembang Dapodikdas Pusat) :

1. Semua Permasalahan yang terjadi pada Aplikasi Dapodikdas akan segera di carikan solusi secepatnya seiring dengan akan di keluarkannya Patch yg terbaru 2.0.4.

2. Perihal data PD/PTK yg tidak masuk dalam Tabel Utama itu dikarenakan Sistem Singkronisasi yg memang ada sebagian yg terkendala di server sehingga akan di berikan solusi di patch 2.0.4, dan tak perlu khawatir karena data pun sudah tersimpan di data server/penampungan sementara dalam aplikasi.

3. Perihal Deadline 30 November 2013 itu dikarenakan adanya tuntutan Pusat agar data di terima per 1 Desember 2013, namun Pihak Dapodik pun tidak yakin untuk itu min 90% terlaksana dikarenakan sampai saat ini saja masih sekiitar 2% data yg terkirim ke server pusat.

4. Perihal Singkronisasi yg banyak mengalami kesulitan, dapat dikatakan Tugas Operator pada dasarnya hanya mencakup sampai data 0 Invalidnya (dengan versi 2.0.3 ) sehingga jika nantinya keluar patch terbaru yaitu patch 2.0.4 di harapkan mampu meminimalisasiakn masalah yg ada pada saat singkronisasi. Meskipun pada saat ini sudah banyak yg dapat melakukan singkronisasi dengan versi 2.0.3. (meski harus dengan cara merangkak dan terseret-seret)

5. Sebisa mungkin bukan berarti kita sebagai Operator dapat sedikit santai meskipun pada dasarnya deadline 30 November itu menjadi acuan (tadi dikatakan yg penting data untuk semester I/II sudah beres sebelum 1 Februari 2014 ).

6. Untuk Tunjangan Profesi yg belum turun juga Tahun Ajaran 2012/2013 (Trw 2-4) Sesegera mungkinn diurus sebelum tanggal 1 Desember 2013, jika lewat dari itu maka Uang yg seharusnya dibayarkan untuk Tunjangan Profesi akan dikembalikan ke kas Negara lagi.

7. Apabila ada Operator yang sudah mendapatkan patch versi 2.0.4 RC, jangan dulu dipergunakan karena dapat mengacaukan data anda yang ada pada aplikasi. Patch 2.0.4 secara resmi akan di luncurkan melalui : infopendataan.dikdas.kemdikbud.go.id dan Pacth 204 nanti bisa di download disini Download Pacth 204


No comments

Note: Only a member of this blog may post a comment.