Trik Amankan Data Dapodikdas 2013

Hari ini ada pertanyaan yang sangat bagus dan yang sering menjadai masalah dikala fungsi Backup dan restore di hilangkan dari dapodik terdahulu namun pada saat ini aplikasi Dapodikdas 2013 juga memiliki cara mengamankan file sementara guna berjaga-jaga kalau terjadi permasalahan yang tidak di inginkan pada Laptop/PC Para Operator sekalian.

Kemampuan Dapodikdas 2013 ini tak kalah rupanya dari yang terdahulu namun ada berbagai trik tersembunyi didalamnya yang belum banyak rekan-OPS ketahui.
pada kesempatan lalu ada trik multi user dapodikdas 2013. yang sudah banyak para Operator Sekolah mencobanya dan merasa nyaman. namun pada kesempatan kali ini kami ingin sedikit berbagi trik.

Cara mengamankan data pada Dapodikdas 2013 sementara jikalau kekhawatiran kita terjadi hal-hal yang tidak diinginkan pada PC/Laptop kita seperti terkena virus atau laptonya hilang padahal kerjaan udah hampir selesai.

Sebelum Bapak/Ibu Melakukannya , database dan dataweb diprogram dapodikdas 2013 simpan ketempat yang aman, akan tetapi dan harus diperhatikan aplikasi di stop lebih dahulu sebelum melakukan uninstal /copy datanya dengan cara sebagai berikut :

1. klik star
2. ketik service
3. klik service
4. klik dua kali databaseDB dan dapodikdaswebsrv
5. klik stop 
selesai...Silahkan amankan ketempat yang paling aman

Namun harap hati-hati bagi kawan-kawan karena kurang ketelitian aplikasi ini bisa terjadi Crash...
Semoga bermanfaat bagi rekan-rekan OPS semua.




2 comments
Azdyana Ansud

Nice..!!dah dicoba gan, yg ada terjadi CRASH,..punya solusi gan??

Reply
Deni Ranoptri

memang banyak juga yg berhasil namun ada pula yg gagal untuk masalah yang Crash saya masih cari solusi nya. mudahn dapat, dan saya akan posting kembali jika sudah bertemu solusi baiknya. oke

Reply

Note: Only a member of this blog may post a comment.