Penilaian Bukan Hanya Milik Ranah Kognitif

Dalam usaha menciptakan sistem perencanaan, pelaksanaan, dan pengendalian yang baik, proses panjang tersebut dibagi menjadi beberapa jenjang, berdasarkan perkembangan dan kebutuhan peserta didik. Setiap jenjang dirancang memiliki proses sesuai perkembangan dan kebutuhan peserta didik sehingga ketidakseimbangan antara input yang diberikan dan kapasitas pemrosesan dapat diminimalkan.
Sebagai konsekuensi dari penjenjangan ini, tujuan pendidikan harus dibagi-bagi menjadi tujuan antara. Pada dasarnya kurikulum merupakan perencanaan pembelajaran yang dirancang berdasarkan tujuan antara di atas. Proses perancangannya diawali dengan menentukan kompetensi lulusan (standar kompetensi lulusan). Hal ini tercermin jelas pada konsep yang mengawali penyempurnaan Kurikulum yang pada saat ini dikenal dengan nama Kurikulum 2013.

Masalah tersebut mendasari pula sejauh mana persiapan guru saat ini guna menjelang dan menyambut metode dari hasil gagasan besar para tokoh Pendidikan di negeri ini.
atas dasar itu Kelompok Kerja Guru Rayon 1 Jaro melakukan persiapan sejak dini Guna Pembenahan Kemampuan PTK yang dalam hal ini Guru sebagai pendidik yang berada di garda terdepan pendidikan di Indonesia khususnya.
Dalam rangka meningkatkan kompetensi profesionalisme Kelompok Kerja Guru Rayon 1 Jaro  menggelar kegiatan Agenda bulanan dengan tajuk "Pembelajaran IPS Menjelang Kurikulum 2013" acara yang digelar di Madrasah Ibtidayah Swasta (MIS) Nalui tersebut diikuti sekitar 80 orang guru yang tergabung dalam jenjang sekolah dasar.

"Apapun kebijakan pemerintah menyangkut dunia pendidikan saya yakin selalu yang terbaik, kita Guru tentu wajib mengikuti dan mempelajari bagaimana tata cara pembelajaran dan penilaian Kurikulum 2013 yang sudah diterapkan pemerintah dalam hal ini Kemdikbud" Ungkap Rachmadi Maulana, S.Pd Nara Sumber pada Kegiatan 17/10/2013.

Salah satu Guru terbaik di Kabupaten Tabalong  ini juga menambahkan, bahwa bagai suatu kezaliman jikalau penilaian yang terus menerus kita lakukan pada peserta didik hanya pada ranah kognitif saja, ini tak adil buat mereka.
"Ada 3 Ranah utama yang harus diperhatikan para Guru, Afektif,Kognitif dan psikomotorik. yang pada saat ini kita lebih beraarah pada pengetahuannya saja saat melakukan penilaian, Mana penilaian Karakter mereka, baik dari sikap dan perilaku yang diharapkan, di kurikulum 2013 ini jelas akan termuat itu baik dari penilaian maupun dari metode pembelajaran" Tegas Guru yang menyandang Predikat terbaik Guru Nasional

Banyak hal yang dipaparkan oleh Narasumber baik dari segi metode pembelajaran hingga tata cara dan penjelasan penilaian peserta didik pada Kurikulum 2013.

Agenda acara Kegiatan KKG Rayon 1 Jaro juga diisi oleh Pengawas TK/SD UPT.IP Kec. Muara Uya.
tak kalah menarik dengan narasumber materi, Pengawas Wil Jaro Ahmad Sapawi, S.Pd pun memberikan berbagai arahan menyangkut Kedisiplinan Guu dan tata cara administrasi sekolah yang baik. untuk terus meningkatkan Kompetensi Guru di wilayah binaannya.


No comments

Note: Only a member of this blog may post a comment.