Soal CPNS 2013 Ada Kata Sandinya

Mungkin saja akurasinya terjamin kerahasiannya kalau bentuk softcopy berupa CAT namun kita belum tahu jaminan pada sistem LJK, apa hanya waktu pembuatan saja dilakukan pengawasan ketat, atau ada hal lain yang harus di upayakan agar terjamin pula kerahasiaannya.

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) Azwar Abubakar menegaskan jika pengamanan pembuatan soal dan pendistribusian soal tes sangat aman.

Bahkan, pembuatan soal untuk calon pegawai negeri sipil (CPNS) ini memakai sandi-sandi yang hanya bisa diterjemahkan kodenya oleh penyandi dari Lembaga Sandi Negara (Lemsaneg).

Menurut Azwar Abubakar, kata sandi ini dibuat oleh anak-anak muda yang memahami teknologi informasi (TI). Di mana soal dimasukkan ke dalam disk yang sudah dikunci.

"Jika dicuri orang pun tidak ada yang bisa membukanya," tegasnya, seperti dikutip dari laman Setkab, Rabu (25/9/2013).

Dijelaskan dia, ada dua pengamanan yang dilakukan terhadap soal tes CPNS, yaitu pengamanan teknologi yang dilakukan oleh Lemsaneg. Serta pengamanan fisik yang dipantau langsung di percetakan selama dalam proses pencetakan.

"Pengamanan fisik ini dilakukan oleh tim yang terdiri dari Badan Kepegawaian Negara (BKN), Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP), Badan Intelijen Negara (BIN), dan Polri," tandas dia. (ade)
No comments

Note: Only a member of this blog may post a comment.