Banyak Fungsi Pembaharuan Dapodik


Dr. Thamrin Kasman (kanan) saat memberi arahan, Selasa (23/7/2013).
Banyak sekali pembaharuan Data pokok pendidikan terutama bagi sekolah, guru, maupun siswa tidak terkecuali bagi Sekolah Dasar Pembaruan (updating) data harus dilakukan secara berkala. Sebab perubahan yang terjadi pada tiga entitas pendidikan yaitu peserta didik, pendidik dan tenaga kependidikan, dan satuan pendidikan selalu terjadi. Pembaruan pun tak perlu menunggu tahun ajaran baru.


dari berita yang dilansir dari dikdas kemdikbud, Dr. Thamrin Kasman, Sekretaris Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar, berkata demikian saat memberi arahan pada peserta Training of Trainer Sistem Pendataan Pendidikan Dasar Tahun 2013 angkatan III di The Trans Hotel, Bandung, Jawa Barat, Selasa pagi, 23 Juli 2013. 

“Setiap ada perubahan pada siswa, guru, dan infrastruktur, lakukan pengubahan pada Dapodik,” ujarnya.

Menurut Thamrin, pembaruan data pada Dapodik dapat dimanfaatkan untuk mengetahui penyerapan siswa di jenjang SD dan SMP. Kita, katanya, bisa tahu persentase lulusan siswa Taman Kanak-kanak yang masuk ke SD. Begitupula lulusan SD yang diserap di bangku SMP dapat diketahui persentasenya.

“Kita tidak bisa menjamin seluruh siswa SD masuk ke jenjang SMP,” jelasnya.

Selain penyerapan siswa, pembaruan data juga dapat mengungkap besaran anggaran yang diperlukan untuk memberi tunjangan kepada guru. Sebab ada keterkaitan antara jumlah guru tersertifikasi dengan penyaluran dana tunjangan profesi.  

Perubahan infrastruktur yang segera disikapi dengan pembaruan data pada Dapodik juga dapat memberi rujukan, misalnya, berapa jumlah perpustakaan yang diperlukan suatu daerah.

Thamrin menekankan, kebijakan Dapodik yang diterapkan secara berjenjang dari Pusat ke Provinsi hingga Kabupaten/Kota hendaknya juga diteruskan ke sekolah. “Jika ada Rapat Koordinasi dengan Kepala Sekolah, jangan henti-hentinya mengingatkan soal ini,” tegasnya.

Training of Trainer bagi operator Dapodik angkatan III resmi dibuka oleh Thamrin Kasman. Acara berlangsung pada 22-24 Juli 2013.* (Billy Antoro)
No comments

Note: Only a member of this blog may post a comment.