Efek Domino Ada Pada Kurikulum 2013

JAKARTA - Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Mohammad Nuh mengibaratkan Kurikulum 2013 yang akan diterapkan pemerintah mulai Senin (15/7) pekan depan sebagai sebuah kendaraan yang memiliki efek domino dan bisa membawa perubahan. Menurutnya, perubahan itubakal berdampak pada penataan sistem perbukuan.

"Lazim berlaku selama ini, buku ditentukan oleh penerbit, baik menyangkut isi maupun harga, sehingga beban berat dipikul peserta didik dan orang tua," kata Menteri asal Jawa Timur itu, Jumat (12/7).

Namun dengan sistem perbukuan dalam implementasi Kurikulum 2013, isi buku dikelola oleh Pusat Kurikulum dan Perbukuan Kemdikbud. Sedangkan substansinya diarahkan oleh tim pengarah dan pengembang kurikulum. Tujuannya, agar isi buku dapat dikontrol dan kualitasnya pun lebih baik.

Mantan Menkominfo itu juga mengklaim Kurikulum 2013 akan berdampak pada penataan Lembaga Pendidik Tenaga Kependidikan (LPTK) di dalam penyiapan dan pengadaan guru.  Dengan demikian penerapan Kurikulum 2013 dipandang sebagai momentum tepat untuk melakukan penataan terhadap pola pelatihan guru, termasuk penjenjangan terhadap karir guru dan kepangkatannya.

"Ke depan, sedang disiapkan konsep yang terintegrasi antara jenjang karir dan kepangkatan dengan penilaian profesi guru. Selama ini, keduanya terpisah," jelasnya.(Fat/jpnn)
No comments

Note: Only a member of this blog may post a comment.