Pedoman Pelaksanaan UKG 2013

Saat ini Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pendidikan dan Kebudayaan dan Penjaminan Mutu Pendidikan (BPSDMP-PMP) telah merilis Pedoman Uji Kompetensi Guru 2013. Pedoman ini disusun sebagai acuan bagi peserta Uji Kompetensi Guru (UKG) dan penyelenggara UKG di Kabupaten/Kota.

Bahwa Ujian Kompetensi Guru atau UKG dilaksanakan dengan tujuan untuk pemetaan kompetensi guru. Ujian Kompetensi Guru atau UKG sebagai salah satu persyaratan mengikuti Pendidikan dan Latihan Profesi Guru (PLPG). Ujian Kompetensi Guru atau UKG 2013 juga sebagai entry point Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB).


Dalam buku pedoman yang ditanda tangani oleh Kepala BPSDMPK-PMP, Syawal Gultom, itu menjadi acuan pelaksanaan Ujian Kompetensi Guru atau UKG 2013. Guru mempunyai kedudukan sebagai tenaga profesional, ini sesuai dengan Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen. UKG dimaksudkan untuk mengetahui peta penguasaan guru pada kompetensi pedagogik dan kompetensi profesional.

Soal Ujian Kompetensi Guru atau UKG dikembangkan oleh Tim Ahli dengan bentuk soal obyektif tes jenis pilihan ganda dengan 4 opsi pilihan jawaban. Komposisi instrumen tes adalah 30% kompetensi pedagogik dan 70% kompetensi profesional dengan waktu pengerjaan soal ujian adalah 120 menit dan jumlah soal maksimal 100 butir soal.

Dalam pelaksanaan Ujian Kompetensi Guru (UKG) tahun ini menggunakan dua sistem, yaitu sistem online dan sistem manual. Untuk pelaksanaan UKG yang menggunakan sistem online itu hanya dilaksanakan pada daerah yang terjangkau jaringan internet dan memiliki laboratorium komputer. Sedangkan untuk pelaksanaan Ujian Kompetensi Guru atau UKG 2013 dengan sistem manual, dilaksanakan pada daerah yang tidak terjangkau jaringan internet dan tidak memiliki laboratorium komputer.

Beberapa Bab yang ada pada Pedoman Uji Kompetensi Guru antara lain:
PELAKSANAAN UKG ONLINE
A. Aturan Pelaksanaan Ujian Kompetensi Guru atau UKG Online
B. Penyiapan Perangkat dan Registrasi Peserta
C. Petugas Ujian Kompetensi Guru atau UKG Online
D. Pengendalian Soal
E. Tata Cara Mengikuti Ujian online
F. Aturan Pelaksanaan Ujian Kompetensi Guru atau UKG Online
G. Jadwal Pelaksanaan Ujian Kompetensi Guru atau UKG Online

PELAKSANAAN UKG MANUAL
A. Aturan Pelaksanaan Ujian Kompetensi Guru atau UKG Manual
B. Pengamanan Soal
C. Petugas Ujian Kompetensi Guru atau UKG Manual
D. Pengawasan Ujian Kompetensi Guru atau UKG dan Pengendalian Soal
E. Tata Cara Mengikuti Ujian Manual
F. Jadwal Pelaksanaan Ujian Kompetensi Guru atau UKG Manual

Buku pedoman Ujian Kompetensi Guru atau UKG 2013 juga disertai dengan lampiran-lampiran lain, seperti; Tabel jadwal pelaksanaan Ujian Kompetensi Guru atau UKG online dan manual, rincian jumlah peserta Ujian Kompetensi Guru atau UKG 2013 setiap provinsi dan foramt kartu peserta Ujian Kompetensi Guru atau Ujian Kompetensi Guru atau UKG. Selengkapnya buku Pedoman Ujian Kompetensi Guru atau UKG 2013, bisa didownload di sini.
(sebelum klik download now, hilangkan tanda centang pada "download with tusfile accelerator . . . .. " )


http://pengumumanbagianda.blogspot.com/2013/05/baca-pedoman-pelaksanaan-ujian.html
No comments

Note: Only a member of this blog may post a comment.